Dampak Penggunaan Ban Besar Pada Motor Matic

Thursday, November 3rd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Dampak Penggunaan Ban Besar Pada Motor Matic – Mempergunakan ban motor yang besar atau lebih dikenal dengan ban gambot adalah salah satu modifikasi yang cukup diminati. Terlebih pada saat ini, cukup banyak produsen yang membuat ban gambot tersebut, utamanya untuk skutik.

Selain akan terlihat lebih bergaya dan macho, ban gambot dinilai mempunyai keseimbangan yang cukup baik serta mampu meredam guncangan jalanan dengan maksimal.

Dampak Penggunaan Ban Besar Pada Motor Matic

Dampak Penggunaan Ban Besar Pada Motor Matic

Dampak Penggunaan Ban Besar Pada Motor Matic (Sumber Gambar : motroad)

Namun, di balik manfaatnya tersebut, ada pun kerugiaan mempergunakan ban gambot, khususnya bagi motor skutik. Kerugian tersebut disebabkan karakter ban yang mempunyai diameter besar. Apa dampak penggunaan Ban Besar Pada Motor Matic? Berikut dibawah ini adalah ulasannya.

Kurang lincah

Mempergunakan ban gambot menjadikan pengendalian motor lebih stabil serta cengkraman lebih kuat. Namun, pada kondisi jalanan yang padat atau macet, motor tersebut akan lebih sulit bermanuver. Dan pada akhirnya, kelincahan dari motor pun tentu akan berkurang.

Kerja Rem Ekstra

Beban yang ditanggung rem semakin berat dengan mempergunakan ban yang terlalu besar atau ban gambot. Hal tersebut tidak lain dikarenakan ukurannya yang lebih besar dibandingkan ukuran standar pabrikan. Hal tersebut menjadikan kinerja perangkat rem akan lebih ekstra berat.

Walaupun demikian, ketika mengubah ban umumnya bengkel juga menawarkan modifikasi piringan rem yang berdiameter lebih besar. Namun biasanya, awetnya perangkat tersebut berada dibawah kualitas pabrikan.

Boros BBM

Selain pada perangkat rem, kerja yang bisa lebih berat pun akan dialami oleh mesin. Semakin besarnya tenaga yang harus dikeluarkan, maka semakin besar juga asupan bensin yang diperlukan mesin. Oleh karena itu, ban besar atau gambot akan menjadikan motor semakin boros BBM.

Perawatan ekstra pada perangkat CVT

Sama halnya seperti sebelumnya, ukuran ban yang terlalu besar akan menjadikan kinerja v-belt lebih berat. Pada motor skuter matic, terdapat potensi penurunan kinerja pada CVT samapai lebih mudah rusak jika menggunakan ban terlalu besar atau ban gambot.

Dampak Penggunaan Ban Besar Pada Motor Matic | Rudiyanto | 4.5