Dampak Penggunaan Semir Pada Ban

Wednesday, January 18th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Dampak Penggunaan Semir Pada Ban – Cara yang umum yang sering dilakukan oleh para pemilik mobil sesudah mencuci mobil adalah mengoleskan cairan semir pada ban. Cara tersebut juga sering dilakukan bila mencuci kendaraan pada penyedia jasa cuci kendaraan umum. Langkah ini dipercaya ampuh guna mengatasi ban kendaraan yang tampak kusam akibat pemakaian.

Dampak Penggunaan Semir Pada Ban

Dampak Penggunaan Semir Pada Ban (Superior Shine)

Memang penggunaan dari semir ban pada performa tidak langsung berpengaruh, dikarenakan digunakan pada dinding ban, bukanlah pada telapak ban. Namun dari segi keawetan karet pada dinding ban bisa berpengaruh, jika misalnya kualitas dari semir ban tidaklah sesuai dengan bahan kimia karetnya.

Apabila secara terus menerus menggunakan semir pada ban, dampaknya karet ban akan keras ataupun bisa saja getas dan retak. Terlebih bila bahan kimia semir tersebut tidak cocok pada karakter karet ban yang dapat menurunkan kualitasnya.

Intinya adalah tergantung pada kualitas semir ban dengan komponen karet ban itu sendiri. Jika kualitas semirnya bagus tidaklah menjadi masalah.

Semir ban dipercaya mempunyai fungsi untuk mengkilapkan samping ban. Tetapi, karena semir ban memiliki harga yang bervariasi, tentunya harga tersebut menentukan kualitasnya.

Pemakaian semir ban pada dasarnya tidak boleh sembarangan, meskipun fungsi utamanya sekedar untuk mengilapkan. Karena produk semir ban ada yang berbahan dasar bagus dan ada pula yang buruk. Jika semir ban yang cairannya tampak terlalu encer artinya kurang berkualitas.

Bahan dasar semir ban yang diklaim bagus, bentuk fisiknya seperti gel atau tampak lebih kental. Harga jualnya pun lebih mahal, dan semir tersebut biasa dipakai di salon perawatan mobil. Semir ban yang dikatakan bagus memiliki teknologi khusus untuk menjadikan kawat ban lentur.

Dampak Penggunaan Semir Pada Ban | Rudiyanto | 4.5