Daya Angkut Maksimum Mobil Berpenumpang

Sunday, November 13th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Daya Angkut Maksimum Mobil Berpenumpang – Mengangkut atau membawa barang pada kendaraan khususnya mobil tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Sebab, ada hitung tersendiri. Sebagai seorang pengemudi yang mempunyai pandangan safety dan defensive driving, pastinya ingin menghindarkan mobil dari kelebihan bobot dikarenakan dapat berdampak buruk untuk kestabilan di mobil.

Daya Angkut Maksimum Mobil Berpenumpang

Daya Angkut Maksimum Mobil Berpenumpang

Daya Angkut Maksimum Mobil Berpenumpang (Sumber Gambar : ototrends)

Lalu bagaimanakah cara menghitung total dari berat yang diperbolehkan diangkut oleh mobil atau Daya Angkut Maksimum Mobil Berpenumpang?. Untuk menjawabnya, kita harus mencari tahu terlebih dulu pada buku manual angka hitungan berat kendaraan atau groos vehicle weight (GVW), sesudah ditambah muatan serta curb weight atau berat kosong atau berat dari kendaraan tanpa muatan.

GVW tersebut dikurangi curb weight merupakan total dari berat tambahan yang disarankan oleh pabrikan.

Seperti pada mobil Karimun Wagon R mempunyai GVW 1.350 kg serta berat kosong 835 kg. Selisihnya yakni 515 kg.

Ketika mudik, Karimun yang mempunyai kapasitas 5 penumpang jika terisi penuh. Asumsinya adalah total berat penumpang yaitu 350 kg bila seorang terhitung 70 kg. Maka dari itu kapasitas bagasi yang dirasa ideal yaitu 165 kg atau 515 kg – 350 kg. Selisih 165 kg tersebut diperuntukan pada barang.

Space penyimpanan barang yaitu pada bagasi, akan tetapi bila diperlukan atap pun dapat digunakan. Tetapi, harus diingat barang yang diletakan di atap wajib disimpan secara rapi dan aman supaya tidak terjatuh, dan disarankan tidak terlalu tinggi supaya tidak mengganggu keseimbangan atau kestabilan mobil. Hal yang sangat penting yang harus diingat janganlah melebihi daya angkut dari kendaraan.

Daya Angkut Maksimum Mobil Berpenumpang | Rudiyanto | 4.5