Diagnosa Masalah Elektrik Starter Dengan Suara

Saturday, July 15th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Diagnosa Masalah Elektrik Starter Dengan Suara – Komponen kelistrikan yang ada pada kendaraan sangatlah banyak. Akan tetapi jika dikelompokkan, terdapat beberapa kategori, semisal komponen penyuplai arus, input atau komponen-komponen yang mendeteksi kapankah sebuah sistem akan aktif, serta sistem kontrol semisal ABS, ECU, dan lain sebagainya.

Diagnosa Masalah Elektrik Starter Dengan Suara

Diagnosa Masalah Elektrik Starter Dengan Suara (Sumber Gambar : flickr)

Oleh sebab itu, pada saat satu komponen di sebuah kendaraan rusak, sumber dari masalahnya tidak dapat langsung diketahui dengan begitu saja. Pada masalah seperti pada starter elektrik yang tidak berfungsi, mungkin saja sejumlah kabel pembawa arus terjadi korsleting ataupun putus, tetapi pada satu saat mungkin saja bartrai atau akinya yang bermasalah.

Guna mengetahui sumber dari masalahnya, pemilik kendaraan dapat mengetahuinya dengan menajamkan indra pendengaran pada saat kendaraan dinyalakan.

Jika kita start sepeda motor ataupun mobil, masih keluar bunyi seperti tek tek tek, tetapi mesin tidak ‘terangkat’, itu menandakan akinya tidak bermasalah.

Dengan terdengarnya bunyi tersebut, aki sebenarnya masih mengalirkan arus. Dari sini bisa diketahui bahwasanya masalahnya ada pada komponen lain. Mungkin saja ada pada rangkaian starternya seperti tombol starter serta kabel penghubungnya, relay starter atau bendik, ataupun dinamo. Semuanya perlu diperiksa dengan lebih lanjut.

Pemeriksaan pada kabel ataupun rangkaian starter lainnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan alat seperti multimeter ataupun multitester. Dari sana bisa diketahui apakah terdapat arus listrik yang mengalir ataukah tidak.

Perlu diketahui, ada banyak mekanik, baik itu resmi dari dealer ataupun bengkel-bengkel pinggir jalan yang banyak menyarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan starter elektrik, terlebih pada pagi hari. Sebaiknya menggunakan kick starter supaya aliran oli lebih merata.

Diagnosa Masalah Elektrik Starter Dengan Suara | Rudiyanto | 4.5