Efek Gonta-Ganti Bahan Bakar Pada Mobil

Thursday, December 29th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Efek Gonta-Ganti Bahan Bakar Pada Mobil – Sebagian besar dari pemilik kendaraan pastinya menginginkan kendaraanya irit dalam segi konsumsi bahan bakar. Tidak sekedar ramah pada lingkungan, mobil dengan konsumsi bahan bakar irit tersebut juga lebih ramah pada kantong pemiliknya.

Efek Gonta-Ganti Bahan Bakar Pada Mobil

Efek Gonta-Ganti Bahan Bakar Pada Mobil (Sumber Gambar : Union of Concerned Scientists)

Walaupun demikian, masih ada sebagian besar pemilik kendaraan roda empat atau mobil yang belum menyadari bila penggunaan bahan bakar yang tidak tepat, termasuk saat gonta-ganti juga mempengaruhi performa tunggangan. Hal ini dikatakan merupakan fakta, tidak sekedar penerapan teknik eco driving.

Eco driving adalah perpaduan teori, teknik, dan juga persiapan. Sementara itu, poin yang penting dari persiapan, yaitu bahan bakar yang dipakai.

Bagaimana mobil Anda bisa efisien jika bahan bakarnya tidak sesuai. Jadi, pada setiap mobil terdapat rasio kompresi, Hal tersebut wajib disesuaikan dengan bahan bakar.

Misalnya Mobil dengan spesifikasi bahan bakar beroktan 92 justru diisi dengan bahan bakar beroktan 88. Teori dari eco drive tidak akan berjalan. Sebab, hal tersebut merupakan kesalahan dalam menggunakan jenis BBM. Selain hal tersebut, komponen jarum pelampung akan lebih mudah mengalami masalah, termasuk pada filter bensin yang bisa cepat kotor.

Mobil menjadi underpower. Meskipun mobil tetap bisa jalan, tetapi tidak akan maksimal power-nya.

Hal tersebut juga berlaku jika mobil menerapkan peningkatan pada oktan BBM. Jika standar pabrik menganjurkan mobil memakai oktan 92, akan tetapi diisi bbm oktan 98, belum tentu bisa lebih bagus.

Hal tersebut Tetaplah tidak sesuai. Karena bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna, dikarenakan oktan 98 lebih tahan pada kompresi tinggi, jadi wajar jika pembakaran menjadi tidak sempurna.

Setiap tipe mesin pada dasarnya sudah memiliki porsi oktan masing-masing. Guna mengetahui jenis bahan bakar yang sesuai dengan mobil yang Anda punya, dapat melihatnya pada buku manual yang diberikan oleh pabrikan.

Efek Gonta-Ganti Bahan Bakar Pada Mobil | Rudiyanto | 4.5