Etika Ketika Terlibat Sebuah Kecelakaan Lalu Lintas

Tuesday, October 25th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Etika Ketika Terlibat Sebuah Kecelakaan Lalu Lintas – Meskipun tidak ada yang mau terlibat pada sebuah kecelakaan lalu lintas, tetapi sebaiknya kita selalu bersiap diri, utamanya secara psikologis. Cukup banyak pengendara yang panik jika terlibat kecelakaan dalam lalu lintas, bagaimanakah sebenarnya tindakan yang perlu dilakukan jika Anda terlibat pada situasi kecelakaan.

Beberapa Etika Ketika Terlibat Sebuah Kecelakaan Lalu Lintas

Etika Ketika Terlibat Sebuah Kecelakaan Lalu Lintas

Etika Ketika Terlibat Sebuah Kecelakaan Lalu Lintas (Sumber Gambar : favewallpapers)

Ada pedoman yang perlu dilakukan untuk Anda sebagai seorang individu jika terlibat dalam situasi kecelakaan saat berlalu lintas, maka dari itu beberapa tindakan yang seyogyanya wajib dikerjakan demi menciptakan Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam lalu lintas. Etika Ketika Terlibat Sebuah Kecelakaan Lalu Lintas adalah sebagai berikut:

Menguasai sikap atau keadaan jika akibat yang diderita tak terlalu parah atau bisa dibilang masih cukup sadar, maka sikap yang perlu diambil adalah :

  • Hindari kepanikan ataupun emosi serta bersikap tenang serta waspada, sebab panik ataupun emosi tentu akan memperburuk keadaan.
  • Hindari sikap menyalahkan orang lain. Sesudah terjadi kecelakaan kerap kali terjadi yang mana salah satu pihak ingin merasa benar sendiri, sikap seperti itu tidak benar dan justru akan mempersulit pemeriksaan maupun penyidikan Petugas.
  • Tidak melarikan diri, sekalipun pada kecelakaan tersebut ada korban jiwa, ataukah merasa bersalah dan alasan lain. Dikarenakan disamping perbuatan tersebut dinilai sebagai sikap pengecut atau tak bertanggung jawab dan tentu akan berdampak memperberat diri pada hukuman yang sebetulnya tidak perlu dikenakan kepadanya.
  • Sejatinya jika terpaksa perlu melarikan diri karena keadaan sekita misalnya menghindari pengeroyokan, maka tempat yang paling aman adalah Kantor polisi terdekat atau Kantor keamanan terdekat.
  • Melakukan pengamanan tempat kejadian perkara adalah langkah yang baik dalam rangka pengusutan serta penentuan kondisi yang sebenarnya dari kecelakaan tersebut, contohnya: mematikan mesin mobil atau kendaraan lain dan menutup tumpahan bahan bakar dengan pasir.
Etika Ketika Terlibat Sebuah Kecelakaan Lalu Lintas | Rudiyanto | 4.5