Faktor Penyebab Kebocoran Knalpot

Wednesday, February 22nd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Faktor Penyebab Kebocoran Knalpot – Knalpot merupakan saluran pembuangan akhir yang ada pada semua jenis kendaraan. Pada kondisi yang normal, gas buang hanya akan terbuang pada ujung knalpot. Akan tetapi pada kondisi tertentu, gas bisa pula keluar dari bagian yang lain.

Hal tersebut menandakan knalpot kendaraan bocor. Ciri lain, Terdengar suara pada bagian bawah dek yang lebih berisik atau bising dari kebiasanya. Suara tersebut akan semakin parah seiring dengan peningkatan putaran dai mesin. Tenaga dari mesin pun lama kelamaan bisa berkurang atau ngempos.

Faktor Penyebab Kebocoran Knalpot

Faktor Penyebab Kebocoran Knalpot

Faktor Penyebab Kebocoran Knalpot (Sumber Gambar : benzworld)

Ada sejumlah faktor penyebab dari kebocoran knalpot. Salah satu yang paling sering dan akan terjadi adalah secara alami, yang berarti dikarenakan usia pemakaian.

Knalpot lama kelamaan tentu akan rusak, terkecuali beberapa mobil Eropa jaman dulu. Pada Mobil Eropa jaman dulu lapisan dari knalpot bisa 2 sampai 3. Jika mobil jaman sekarang hanya satu lapis.

Kebocoran knalpot tidaklah berawal dari bagian luarnya, melainkan dari bagian dalam diakibatkan korosi. Proses kondensasi tentu terjadi dikarenakan perbedaan pada temperatur.

Terdapat endapan air pada lambung knalpot. Selanjutnya Idle terlalu lama ataupun mobil didiamkan dan menyebabkan air tidak keluar. Lama-lama air tersebut tentu menyebabkan korosi. Air tersebut dapat masuk ketika dicuci ataupun waktu mobil menerjang hujan.

Korosi pun bisa disebabkan karena pada bagian knalpot tertampung air dengan kandungan garam yang relatif cukup tinggi. Supaya hal seperti ini tidak terjadi, knalpot wajib dipastikan pada kondisi bersih dengan menggunakan air tawar saat pencucian.

Tetapi intinya lebih cenderung penyebab dari kebocorannya itu pada bagian dalam knalpot itu sendiri. Dari sisi luar pun bisa, seperti terkena batu, ataupun terkena polisi tidur, namun hal tersebut sangat jarang.

Faktor Penyebab Kebocoran Knalpot | Rudiyanto | 4.5