Faktor Sepele Yang Membuat Mobil Boros

Wednesday, December 28th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Faktor Sepele Yang Membuat Mobil Boros – Kendaraan dengan penggunaan atau konsumsi bahan bakar irit terus digandrungi banyak masyarakat di Tanah Air. Selain lebih ramah lingkungan, kendaraan yang irit BBM pun lebih aman menjaga kantong pemiliknya.

Faktor Sepele Yang Membuat Mobil Boros

Faktor Sepele Yang Membuat Mobil Boros

Faktor Sepele Yang Membuat Mobil Boros (Sumber Gambar : maarutiinustries.com)

Akan tetapi, ada beberapa faktor yang ikut berkontribusi menjadikan irit konsumsi bahan bakar, salah satunya yakni kondisi ban. Walaupun terdengar sepele, akan tetapi tekanan angin juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar dari kendaraan. Semakin kempes, mobil bisa semakin boros, dikarenakan beban akan semakin berat atau bertambah.

Tekanan angin pada ban cukup vital bila ingin konsumsi bahan bakar efisien. Ban merupakan penopang utama mobil ketika melaju. Maka dari itu, setiap pabrikan memberikan anjuran yang tercantum pada buku manual dan sticker yang ditempel di bodi kendaraan.

Jika ban kempes, diameter ban tentu akan mengecil. Dan bodi mobil akan turun, karena mobil kempes, diameter akan mengecil dan telapaknya menjadi lebih besar. Ini akan menambah beban muatan terhadap mesin, yang berdampak BBM akan lebih boros.

Kemudian, bila sebaliknya, jika tekanan angin tinggi, akankah membuat irit bahan bakar? logikanya adalah semakin bundar ban, mobil tentu akan mudah melaju. Tetapi, itu bisa salah dikarenakan tekanan angin yang terlalu tinggi juga tidak bagus.

Tekanan ban dinaikkan akan mengembang, alhasil tidak akan sesuai lagi. Tekanan ban tersebut harus pas, bukalah pintu kanan depan dan disana pasti terdapat sticker tekanan ban sesuai aturan dari masing-masing pabrikan.

Kesimpulannya adalah, bacalah aturan tekanan ban pada masing-masing pabrikan. Ikutilah petunjuk tekanan masing-masing ban guna mendapatkan efisiensi bahan bakar dan mencegah mobil boros bahan bakar.

Faktor Sepele Yang Membuat Mobil Boros | Rudiyanto | 4.5