Faktor Teknis Supaya Mobil Irit Bensin

Tuesday, December 6th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Faktor Teknis Supaya Mobil Irit Bensin – Selihai apa pun Anda mengaplikasikan teori menyetir eco driving, dengan tujuan untuk irit pemakaian bahan bakar tidaklah akan maksimal apabila tidak terdapat persiapan. Dalam masalah ini, ada sejumlah hal yang perlu diketahui dan juga menjadi dasar yang tidak boleh diremehkan.

Faktor Teknis Supaya Mobil Irit Bensin

Faktor Teknis Supaya Mobil Irit Bensin

Faktor Teknis Supaya Mobil Irit Bensin (Sumber Gambar : suzukipusatbandung)

Terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum pengendara pengemudi dengan metode eco driving. Antara kesiapan dan juga teknik mengemudi memang dirasa saling berkaitan. Berikut persiapan yang perlu dilakukan yang akan menjadi Faktor Teknis Supaya Mobil Irit Bensin:

Bahan bakar. Sesuaikanlah bahan bakar dengan rasio kompresi. Semisal, keperluan oktan RON92, tetapi memakai oktan RON88. Mesin tentu tidak akan maksimal, under power, dan juga akan membuat pengemudi menekan pedal gas lebih dalam. Mobil mungkin tetap akan berjalan dengan baik, tetapi tidak efisien.

Apabila standar oktan 92, diberi oktan 98 terlalu tinggi, dan tidak bagus juga. Mengapa? pada saat oktan lebih tinggi dari keperluan mesin, terdapat sebagian bahan bakar yang tidak terbakar, dan tentu terbuang melalui knalpot.

Tekanan ban. Hal ini pun menjadi sesuatu yang cukup vital. Teori dasarnya, ban tentu memiliki diameter tertentu yang dianggap paling baik. Pada saat diameter mengecil maupun kempes, ban akan menciut. Telapaknya juga akan lebih banyak yang menempel pada aspal. Alhasil, beban pada mesin bertambah. Sebaliknya, ketika tekanan terlalu tinggi, juga tidaklah baik sebab diameter semakin besar, tidaklah cocok dengan drive train.

Hindari overload. Kurangilah beban yang dirasa menghambat laju mobil. Semakin banyaknya barang tidak penting yang harusnya tidak dibawa, semakin boros juga pemakaian bahan bakarnya.

Servis secara rutin. Oli maupun komponen lain semua mempunyai usia. Ketika mencapai batas, perlu diganti agar performa mesin tetap stabil.

Faktor Teknis Supaya Mobil Irit Bensin | Rudiyanto | 4.5