Fitur Penting Kendaraan Saat Hujan

Saturday, February 25th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Fitur Penting Kendaraan Saat Hujan – Hujan merupakan salah satu ‘musuh’ besar untuk pengendara, baik itu sepeda motor maupun mobil. Ketika hujan tiba, jarak pandang tentu akan berkurang, grip dari ban pun demikian. Intinya, potensi dari terjadinya sejumlah hal yang tidak diinginkan akan meningkat.

Bagi sejumlah pabrikan, hal tersebut diantisipasi dengan adanya penambahan beberapa fitur. Fitur tersebut, semisal, bisa mengantisipasi hilangnya grip, ataupun mengatasi penurunan dari visibilitas.

Sejumlah Fitur Penting Kendaraan Saat Hujan

Fitur Penting Kendaraan Saat Hujan

Fitur Penting Kendaraan Saat Hujan (Sumber Gambar : pixabay)

Fitur-fitur tersebut mungkin mempunyai nama yang berbeda, tergantung dari merk. Namun begitu, cara kerjanya sering mirip antara satu sama lainnya. Apa sajakah fitur penting kendaraan saat hujan? berikut di bawah ini ulasannya :

Sensor Hujan atau Rain sensor

Sensor hujan atau rain sensor pada dasarnya adalah sebuah mekanisme guna mengaktifkan wiper pada mobil dengan otomatis apabila hujan turun. Dengan demikian, pengendara kendaraan tidak perlu lagi untuk mengalihkan perhatian terhadap jalanan.

Cara kerja dari fitur ini dengan mengandalkan sensor yang secara otomatis akan ‘membaca’ tetesan dari air pada kaca depan. Sensor pada fitur ini akan memberi signal terhadap komputer mobil supaya mengaktifkan fitur. Sensor seperti ini juga umumnya bisa mengatur kecepatan wiper berdasar pada intensitas hujan.

ABS

Dengan sederhana, pengereman dengan sistem anti-lock braking system atau ABS merupakan fitur keselamatan yang menjadikan rem tidak terkunci bila melakukan pengereman secara mendadak. Fitur ABS ini sangat baik di jalan basah, bahkan yang pasir sekalipun.

Stability control

Vehicle Stability Control atau VSC adalah perangkat keselamatan yang bisa melakukan pengereman aktif dengan independen di tiap roda. Rem depan bisa mencegah oversteer, sementara pada rem belakang bisa mencegah understeer.

Foglamp

Foglamp merupakan salah satu jenis lampu yang berguna untuk memecah kabut dikarenakan intensitasnya lebih kuat daripada headlamp. Pada saat ini, foglamp pun mampu menembus jalanan dengan cuaca ekstrem semisal saat jalanan berkabut tebal, gelap, ataupun hujan deras.

Warna untuk foglamp yang cocok adalah kuning. Karena, warna kuning merupakan warna yang paling baik menembus kabut ataupun hujan bahkan pada intensitas yang tinggi sekalipun. Foglamp bisa diaplikasikan pada sepeda motor ataupun mobil.

Fitur Penting Kendaraan Saat Hujan | Rudiyanto | 4.5