Fungsi dari Tabung pada Shockbreaker

Tuesday, May 10th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Sering kita melihat motor-motor hasil modifikasi ada yang menggunakan shockbreaker stylish terdapat tambahan tabung pada ujungnya. Shockbreaker dengan embel-embel tabung tersebut diproduksi oleh produsen suku cadang sebagai alternatif yang bisa digunakan oleh konsumen.

Muncul asumsi di tengah-tengah masyarakat kita bahwa tabung tersebut berfungsi sebagai pengganti oli dengan gas, makanya sering kita dengar shockbreaker jenis tersebut dengan shockbreaker model gas. Namun benarkah seperti itu?

Fungsi dari Tabung pada Shockbreaker

Fungsi dari Tabung pada Shockbreaker

Fungsi dari Tabung pada Shockbreaker

Mengutip dari Bikesindia, shockbreaker memang biasanya mengandung oli yang berfungsi untuk mengembalikan shockbreaker ke posisi awal. Jika oli tidak terdapat dalam shockbreaker maka per suspensi tidak akan berhenti memantul.

Kenyatannya, jika shockbreaker bekerja terus-menerus karena kendaraan digunakan untuk menempuh jarak yang jauh, senyawa oli ada yang membentuk menjadi gelembung busa. Dengan adanya kondisi seperti itu membuat shockbreaker berfungsi tidak maksimal.

Demi mengatasi masalah tersebut maka diciptakanlah shockbreaker dengan tambahan tabung kecil yang di dalamnya berisi gas. Fungsi dari gas tersebut adalah untuk membuat tekanan oli selalu tinggi sekaligus mencegah terjadinya pembentukan gas pada senyawa oli.

Itu berarti, asumsi masyarakat selama ini kurang tepat mengenai shockbreaker gas. Gas yang terdapat pada tabung bukan sebagai pengganti fungsi oli, melainkan untuk membantu kinerja dari oli yang terdapat dalam shockbreaker.

Dengan adanya gas pada shockbreaker membuat kinerja shockbreaker menjadi lebih responsif. Maka dari itulah shockbreaker jenis gas ini akan lebih cocok digunakan saat pengendara membutuhkan respon yang maksimal dari shockbreakernya.

Fungsi dari Tabung pada Shockbreaker | admin | 4.5