Fungsi Lis Karet Pada Atap Mobil

Saturday, January 14th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Fungsi Lis Karet Pada Atap Mobil – Banyak sekali pemilik kendaraan yang tidak mengetahui setiap detail komponen pada mobilnya. Tidak cuma nama, akan tetapi fungsinya juga terkadang banyak orang yang tidak mengetahuinya. Salah satunya adalah garis karet yang ada pada atap mobil.

Fungsi Lis Karet Pada Atap Mobil

Fungsi Lis Karet Pada Atap Mobil (Sumber Gambar : olx)

Memang cukup membingungkan, sebab karet ini rupanya bukan berfungsi mencegah kebocoran saat air mengguyur bagian dari atap mobil. Dan Ternyata, karet tersebut mempunyai fungsi lainnya.

Karet tersebut cuma untuk mengarahkan jalur air, serta tentu sebagai pemanis tampilan kendaraan saja. Jika perangkat tersebut tidak ada, tentu saja menjadi kurang enak dipandang mata.

Bila karet tersebut sampai lepas, tentunya tidak mengganggu fungsi apa pun, Cuma bekas las bodi menjadi terlihat, serta pada saat hujan, air akan menggenang pada celah atap.

Selain dari itu, dikarenakan letaknya yang ada di atas, karet jadi mudah getas oleh karena seringnya terkena hujan ataupun paparan panas sinar matahari. Ada beberapa kasus pengguna dari Honda HR-V bahkan ada yang pernah mengalami kejadian lepasnya karet ketika melaju.

Guna memeriksa komponen ini. Hanya dengan diraba, jika sudah longgar segeralah kancingnya dikencangkan kembali dengan menekannya. Karena pada saat melaju dalam kecepatan tinggi lis karet tersebut bisa saja terlepas.

Guna mengembalikan karet tersebut yang sudah terlepas, Anda hanya perlu mendorong karet tersebut dari bagian depan serta belakang. Apabila longgar, itu artinya kancingnya tidak terpasang, segeralah kancingkan kembali. Mungkin saja dari pabrik ada yang tidak mengunci. Seperti pada kancing baju, cara pemasangannya ditarik ke bagian atas serta kemudian didorong ke bagian depan.

Fungsi Lis Karet Pada Atap Mobil | Rudiyanto | 4.5