Fungsi Lubang Kecil Pada Knalpot Sepeda Motor

Monday, April 10th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Fungsi Lubang Kecil Pada Knalpot Sepeda Motor – Sejumlah sepeda motor dilengkapi oleh lubang kecil yang berada pada bagian bawah dekat silincer. Ini utamanya terdapat di sepeda motor yang cukup lawas seperti Honda Karisma ataupun Yamaha Nouvo.

Fungsi Lubang Kecil Pada Knalpot Sepeda Motor

Fungsi Lubang Kecil Pada Knalpot Sepeda Motor (Sumber Gambar : google.images)

Lubang kecil tersebut sekilas memang tidak mempunyai manfaat. Bahkan masih ada beberapa anggapan sebagai salah satu cacat produksi. Lubang dengan diameter tidak lebih dari 2 mm ini pun kemudian ditutup. Namun apakah cara tersebut benar?.

Memang cukup banyak orang yang kurang mengerti menutup lubang tersebut. Padahal lubang tersebut merupakan saluran pembuangan apabila knalpot kemasukan air.

Ketika sepeda motor dipakai saat turun hujan, bahkan sampai melewati genangan air banjir, ataupun saat sepeda motor dicuci, knalpot sepeda motor berpotensi untuk kemasukan air. Apabila air tersebut masuk sampai bagian dalam mesin, bisa dipastikan sepeda motor tidak akan hidup.

Dengan adanya lubang kecil pada knalpot tersebut, maka potensi masuknya air tersebut dapat diantisipasi. Air tersebut akan keluar sebelum melewati pangkal dari knalpot.

Lalu apakah lubang tersebut bisa dibuat atau dimodifikasi?. Jawabannya bisa dengan memanfaatkan bor. Dengan syarat diameter lubang tidak boleh terlampau besar. Yang amannya adalah dengan mengikuti standar dari pabrikan, 1 hingga 2 mm. Hal tersebut dikarenakan, kalau terlalu besar, menjadikan seperti knalpot yang bocor suaranya.

Fungsi Lubang Kecil Pada Knalpot Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5