Fungsi Resistor Pada Busi

Saturday, October 15th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Fungsi Resistor Pada Busi – Perusahaan Busi PT NGK Busi Indonesia telah mempunyai produk busi dengan teknologi anti lonjakan gelombang elektromagnetik. Busi resistor dengan kode “R” yang tertera pada bagian insulator. Banyak orang yang menganggap bahwa kode “R” di busi NGK adalah kode yang menunjukan busi racing. Padahal hal tersebut tidak benar. NGK sangat merekomendasikan menggunakan busi resistor bagi penggunaan kendaraan yang sudah terpasang on-board unit ataupun syste, ECU pada mesin kendaraannya. Hal tersebut dianjurkan dan diungkapkan oleh Technical Support PT. NGK Busi Indonesia.

Penjelasan Fungsi Resistor Pada Busi

Fungsi Resistor Pada Busi

Fungsi Resistor Pada Busi (Sumber Gambar : tribunnews)

Resistor dengan besaran 5K ohm dipasang pada tubuh busi yang bisa mengurangi daya hantar gelombang elektromagnetik yang akan mempengaruhi kinerja dan kerja kendaraan secara sempurna.

Mempergunakan busi non-resistor di kendaraan yang telah dilengkapi on-board unit bisa menyebabkan kerusakan mesin yang tentu akan mempengaruhi kinerja kerja mesin menjadi tidak erratic idle atau langsam, tenaganya akan berkurang atau power drop off serta lambat pada RPM yang tinggi atau high-rpm misfire.

Busi resistor bisa juga dipergunakan oleh kendaraan yang tidak dilengkapi dengan on-board unit, tetapi hal sebaliknya bisa terjadi bila kendaraan yang telah dilengkapi dengan on-board unit mempergunakan busi non-resistor dan permasalahan seperti diatas bisa terjadi.

Demikian penjelasan mengenai Fungsi Resistor Pada Busi. Alangkah bijaknya bila para pemilik menanyakan kembali busi apakah yang cocok dengan kendaraannya. Hal tersebut berguna untuk meminimalisir kerusakan mesin dan mengharapkan kinerja mesin tetap baik dan kendaraan selalu mempunyai performa yang prima.

Fungsi Resistor Pada Busi | Rudiyanto | 4.5