Fungsi Titik Berwarna Pada Ban

Friday, October 21st, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Fungsi Titik Berwarna Pada Ban – Cukup banyak informasi yang berada dibagian ban. Dimulai dari ukuran, thread wear indicator atau TWI, load index, sampai tanggal produksi. Tetapi tidak semua orang belum tahu tentang maksud atau arti dari sebuah titik warna yang umumnya tertera pada area sidewall ban. Berikut Inilah fungsi dari titik warna pada dinding ban mobil.

Fungsi Titik Berwarna Pada Ban Mobil Dan Motor

Fungsi Titik Berwarna Pada Ban

Fungsi Titik Berwarna Pada Ban (Sumber Gambar : toyotyres)

Fungsi dari titik warna ini merupakan penanda area paling ringan pada sebuah ban. Disebut area dikarenakan ada pada sekitaran 15 derajat diantara titik yang disebut area yang paling ringan. Meskipun proses produksi ban sudah semakin sempurna, tetaplah saja distribusi pada bobot di sebuah ban tidak bisa merata secara 100%.

Apakah Manfaatnya? Fungsi utama dari titik tersebut adalah guna memudahkan proses balancing pada roda. Pada velg juga umumnya ada titik berwarna. Akan tetapi bedanya, titik pada velg tersebut menandakan area paling berat pada Velg.

Dan, area paling ringan pada ban tersebut, harus disejajarkan pada area paling berat pada velg. Apabila klop dan pas, pada proses balancing bisa lebih mudah. Timah untuk balance tidak harus terlalu banyak dan bisa menghemat biaya.

Titik pada velg umumnya berupa stiker yang dapat lepas seiring dengan berjalannya waktu. Dan, apabila pada velg mobil Anda sudah tidak ada ataupun memang tidak ada titik panduan tersebut, dapat memanfaatkan tyre valve atau pentil ban. Pentil ban atau tyre bisa mempunyai bobot sekitar 8 gr, jadi bisa dikatakan area tersebut paling berat pada velg.

Warna dari titik tersebut bisa saja berbeda pada masing-masing produsen ban. Pada ban Bridgestone mempunyai warna kuning. Demikian penjelasan mengenai Fungsi Titik Berwarna Pada Ban.

Fungsi Titik Berwarna Pada Ban | Rudiyanto | 4.5