Fungsi Tuas Kecil Pada Spion Mobil

Wednesday, February 8th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Fungsi Tuas Kecil Pada Spion Mobil – Banyak pengendara atau pengemudi dan pengguna mobil yang tidak mengetahui, spion pada kabin mobil sekelas produk Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan juga Toyota Avanza mempunyai fitur khusus yang bisa digunakan ketika berkendara pada malam hari.

Fungsi Tuas Kecil Pada Spion Mobil

Fungsi Tuas Kecil Pada Spion Mobil (Sumber Gambar : image google)

Fitur yang dimaksud tersebut adalah sebuah tuas kecil pada bagian bawah spion. Karena bentuk yang sangat mirip kaitan untuk menggantungkan minyak wangi, jadi cukup jarang orang yang mengetahui fungsi tuas kecil pada spion mobil tersebut sebenarnya.

Seorang Technical Service Division dari PT Toyota Astra Motor, mengatakan, tuas tersebut sebetulnya berfungsi untuk mengubah sudut kemiringan dari spion.

Sudut kemiringan harus diubah, supaya sorotan lampu dari mobil yang berada di belakang mobil pengemudi tidak menyilaukan mata.

“Cara penggunaanya cukup sederhana, tuas tersebut disentuh saja ke atas, nantinya sudut cermin spion bergerak ke arah bawah,”.

Dengan perubahan sudut tersebut, maka secara otomatis arah sinar atau cahaya dari belakang tidak akan langsung menuju mata dari pengemudi.

“Jadi, cahaya tersebut memantul pada spion dan dibelokkan ke arah yang lain. Namun, pengemudi masih dapat memantau mobil yang ada di belakangnya”.

Cara tersebut sebetulnya tidaklah jauh berbeda dengan mengubah kemiringan dari kaca spion dengan manual. Hanya saja, resiko cermin bergeser ke arah kiri maupun kanan menjadi lebih kecil.

“Dengan cara menekan tuas spion tersebut kita tidak usah khawatir seberapa miring perubahannya. Sesudah cahaya dari belakang tersebut tidak ada, kita hanya cukup menekannya lagi”.

Fungsi Tuas Kecil Pada Spion Mobil | Rudiyanto | 4.5