Gejala Kerusakan Kaki-kaki Mobil

Thursday, December 15th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Gejala Kerusakan Kaki-kaki Mobil – Ada masanya sebuah mobil mengalami permasalahan, dari mulai yang paling ringan sampai yang paling parah. Sekecil pun permasalahan pada mobil, lebih baik jangan mengabaikannya. Butuh tindakan lebih lanjut supaya permasalahan tersebut tidak berlarut dan mengakibatkan sesuatu yang fatal.

Salah satu permasalahan yang umum dijumpai pada mobil adalah kondisi dari kaki-kaki mobil yang tidak stabil. Permasalahan tersebut menjadi hal yang cukup wajar pada mobil yang digunakan di dalam kota. Bisa saja pengemudi merasakan beberapa gejala aneh yang menjadikan mobil menjadi tidak stabil. Apabila seperti ini, tidak menutup kemungkinan terdapat sejumlah komponen yang mengalami kerusakan.

Sejumlah Gejala Kerusakan Kaki-kaki Mobil

Gejala Kerusakan Kaki-kaki Mobil

Gejala Kerusakan Kaki-kaki Mobil (Sumber Gambar : my350z)

Ada beberapa ciri-ciri bahwasanya kaki-kaki mobil mengalami sejumlah masalah dan harus segera diperbaiki di bengkel mobil yang melayani spooring dan balancing. Berikut dibawah ini adalah beberapa gejala kerusakan pada kaki-kaki mobil yang harus Anda cermati :

Pada saat mobil melaju di jalanan yang halus dan juga tergolong datar kemudian setir dilepas, laju mobil tidak lurus. Disamping itu, mobil akan berbelok ke arah kanan ataupun ke arah kiri. Ada kecenderungan setir lebih dominan ke arah kiri-kanan. Sebelum menentukan keputusan untuk melakukan spooring ataupun balancing, periksa tingkat keausan dari ban terlebih dulu.

Ketika mobil dipacu dengan posisi setir yang sudah lurus, mobil justru akan berbelok ke arah kanan atau ke arah kiri atau berjalan miring. Hal tersebut berarti bahwa posisi dari setir kemudi tidaklah central. Pastikanlah bahwa setir mobil Anda dalam posisi yang lurus, Anda bisa melihatnya dari logo pabrikan mobil.

Setir atau kemudi terasa bergetar di kecepatan tertentu. Umumnya gejala tersebut muncul ketika mobil berada pada kecepatan 80 km/jam. Getaran ini kadang sampai pada penumpang belakang, diikuti oleh suara ban yang tidak seimbang.

Gejala terparah adalah munculnya guncangan ketika membelokkan mobil, padahal kondisi dari jalanan halus. Selain dari itu bisa juga setir dibelokkan, akan tetapi roda susah untuk mengikuti dan cenderung lurus.

Gejala Kerusakan Kaki-kaki Mobil | Rudiyanto | 4.5