Gejala Kerusakan Power Window

Saturday, July 1st, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Gejala Kerusakan Power Window – Salah satu aksesoris atau pelengkap mobil yang sekarang ini wajib ada di mobil adalah power window. Perangkat tersebut memberikan kemudahan, serta kenyamanan ketika menaik-turunkan kaca jendela mobil. Dengan keberadaan power window, membuka kaca jendela mobil hanya dengan menekan tombol yang ada di pintu mobil. Tombol dari power window akan memutarkan motor elektrik yang tersambung dengan regulator dan kaca jendela pun bisa turun atau naik.

Gejala Kerusakan Power Window

Gejala Kerusakan Power Window (Sumber Gambar : wikipedia)

Pada umumnya tuas atau tombol power window pada pintu pengemudi telah dilengkapi dengan auto-up dan juga auto-down. Fitur ini bisa membuka dan juga menurunkan kaca jendela cukup dengan sekali tekan tombol dan tak perlu tetap menahan tombol selama power window bekerja. Pada sejumlah tipe mobil, power window telah dilengkapi jump protection dan berfungsi untuk melindungi penggunanya, utamanya saat membawa anak-anak, dari terjadinya terjepit kaca jendela ketika power window bekerja.

Sebagai salah satu pelengkap atau penunjang kenyamanan saat berkendara, dapat dibayangkan jika power window macet di tengah perjalanan. Pastinya akan sangat mengganggu, terlebih bila kaca jendela terbuka dan tak bisa ditutup sehingga udara dari luar bisa masuk ke dalam kabin.

Lalu guna menghindari kondisi seperti ini, ada baiknya memperhatikan dan mengamati gejala-gejala awal guna mendeteksi kerusakan power window. Berikut ulasannya:

Ketika tombol atau tuas power window ditekan, kaca jendela terkadang naik terkadang tidak. Masalah seperti ini kemungkinan dikarenakan saklar atau switch power window tersebut rusak. Apabila hal tersebut terjadi pada bagian pintu penumpang, operasikanlah melalui central power window yang ada pada pintu pengemudi. Begitu pula sebaliknya.

Terdengar bunyi yang kasar ketika menggunakan power window guna menaik-turunkan kaca jendela. Jika bunyinya berasal dari bagian dalam pintu, kemungkinan besar penyebabnya adalah regulator dari power window pada bagian dalam pintu sudah mulai rusak. Supaya kerusakannya tidak semakin parah ada baiknya jangan dulu mengoperasikan power window. Langkah menindak lanjutnya, segeralah periksa pada bengkel guna memastikan apakah terdapat komponen yang terlepas, kendor ataupun rusak geriginya.

Proses menaik-turun kaca jendela tidak lancar atau terasa seret, dan ada baret pada salah satu sisi kaca jendela. Hal tersebut dapat disebabkan oleh jalur di kaca dalam kondisi yang sudah kering, miring ataupun keluar dari jalurnya. Namun jika baret terjadi pada sisi luar ataupun dalam kaca, besar kemungkinan dikarenakan posisi kaca yang miring.

Untuk Solusinya, lakukanlah penyetelan ulang posisi kaca jendela pada bengkel resmi supaya posisinya normal kembali, kemudian lumasi jalur kaca jendela supaya proses naik-turun kaca lebih lancar.

Gejala Kerusakan Power Window | Rudiyanto | 4.5