Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Rem Blong

Tuesday, December 6th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Rem Blong – Meskipun terbilang kasus yang cukup jarang terjadi, rem blong dapat terjadi saat mengemudi kendaraan roda empat maupun roda dua. Apabila salah antisipasi, rem blong berpotensi mengakibatkan malapetaka untuk diri sendiri maupun orang lain.

Apabila sedang mengalami rem blong secara mendadak hal yang pertama yang perlu dilakukan oleh pengemudi yakni jangan gugup.

Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Rem Blong

Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Rem Blong

Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Rem Blong (Sumber Gambar : Drivers ed guru)

Langkah berikutnya atau Hal yang perlu dilakukan saat mengalami rem blong adalah :

Menurunkan Gigi perseneling secepat mungkin. Turunkan gigi perseneling kendaraan Anda secara bertahap dari 5,4,3,2 hingga gigi 1.

Pergunakan rem parkir sesudah menurunkan gigi. Rem parkir bisa menghentikan kendaraan sampai benar-benar berhenti pada kecepatan yang sudah rendah.

Tepikan kendaraan Anda ke arah jalur lambat dengan perlahan. Segera arahkan kendaraan Anda ke jalur lambat atau bahu jalan, untuk mencari tempat pemberhentian yang benar-benar dirasa aman dari kendaraan atau mobil lain yang melaju dengan kecepatan tinggi. Maksimalkan penggunaan kaca spion dan lakukan secara hati-hati dan perlahan.

Jauhkan telapak kaki dari pedal gas. Mungkin hal ini sudah pasti, dikarenakan tujuannya adalah menghentikan mobil dan bukanlah menambah kecepatan.

Periksa benda yang menghalangi pedal rem. Percaya ataupun tidak, sejumlah benda yang kita letakan dibawah kursi bisa saja maju ke depan diakibatkan gaya gerak pengereman, dan bisa saja memblokir pedal rem dari belakang.

Injak dan juka kocok rem berkali-kali. Apabila kendaraan Anda tidak dilengkapi ABS, cobalah untuk menginjak pedal rem beberapa kali, kadang-kadang rem blong pun bersifat sementara. Mobil yang dilengkapi ABS harus menginjak rem secara perlahan, sebab ABS juga bisa membantu kita dalam melakukan tindakan pengereman secara automatis.

Peringati orang lain. Nyalakanlah lampu hazard, ataupun beri isyarat dengan mengeluarkan selembar kain dari jendela yang dilambaikan. Jika tidak ada kain, bisa juga menggunakan tisu, Klakson dan isyarat lain. Usahakanlah mengamati spion sebelum melambai.

Tetap tenang. Hal yang paling penting saat melakukan langkah diatas adalah Anda harus memiliki ketenangan dan juga kepercayaan diri saat melakukan hal yang harus Anda lakukan, sebab panik bukanlah solusi dan bisa saja berakibat fatal.

Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Rem Blong | Rudiyanto | 4.5