Hindari Mengisi Baterai HP di Dalam Mobil

Tuesday, May 10th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – HP atau ponsel atau smartphone menjadi kebutuhan yang begitu penting saat ini. Selain untuk alat komunikasi, Ponsel juga kini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti untuk membantu lancarnya berkendara misalnya, HP bisa berfungsi sebagai alat navigasi.

Begitu pentingnya HP di tengah-tengah kehidupan manusia, maka kebutuhan akan pengisian daya pun jadi begitu meningkat. Maka kini hadirlah alat seperti powerbank. Untuk mengisi baterai HP pun kini tersedia di dalam mobil atau kendaraan. Namun apakah mengisi baterai HP di dalam mobil itu aman?

Hindari Mengisi Baterai HP di Dalam Mobil

Hindari Mengisi Baterai HP di Dalam Mobil

Hindari Mengisi Baterai HP di Dalam Mobil

Pada umumnya pengisian baterai HP itu menggunakan output lighter yang ada pada mobil. Ada yang memang sudah tersedia dari pabrik, tetapi kini di toko-toko otomotif sudah banyak dijumpai alat ini.

Sumber daya listrik untuk mengisi baterai HP berasal dari lubang pematik api yang akan memperpendek usia baterai. Alasannya adalah karena kelistrikan pada mobil tidak stabil. Seiring dengan putaran mesin yang juga turun-naik, atau karena hidup-matinya sistem kelistrikan pada mobil yang mendistribusikan arus listrik ke beberapa komponen elektronik yang terdapat dalam mobil.

Kondisi seperti itu akan berpengaruh pada tegangan output pada altenator. Selain berpotensi buruk pada usia baterai, arus yang tidak stabil ini pun bisa menyebabkan kerusakan pada komponen HP.

Jika memang sangat terpaksa harus mengisi baterai di dalam mobil, maka jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar, dan selalu menggunakan baterai dan charger yang berkualitas sesuai dengan standar pabrikan yang digunakan.

Segera hentikan proses charging apabila mendapati HP atau charger terasa panas. Selain itu, jangan menerima panggilan selama pengisian berlangsung.

Hindari Mengisi Baterai HP di Dalam Mobil | admin | 4.5