Indikasi Wiper Mobil Harus Segera Diganti

Friday, July 14th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Indikasi Wiper Mobil Harus Segera Diganti – Cuaca buruk pada saat berkendara pastinya bisa mengganggu jarak pandang pada saat Anda tengah mengendarai mobil. Karena mempunyai resiko terjadinya sebuah kecelakaan, hal ini tentu menjadi wajib untuk diperhatikan.

Indikasi Wiper Mobil Harus Segera Diganti

Indikasi Wiper Mobil Harus Segera Diganti (Sumber Gambar : wikimedia)

Untuk memperoleh jarak pandang yang wajar atau baik pada kondisi cuaca yang sangat buruk, pengendara perlu memperhatikan kaca depan yang tampak bersih serta kondisi wiper yang cukup prima. Sebab, wiper adalah komponen wajib yang berguna untuk membersihkan kaca.

wiper adalah salah satu komponen yang ada pada mobil yang bisa dibilang tahan lama, apabila dirawat dengan baik tentunya. Untuk mengetahui indikasi kerusakan wiper umumnya dengan suara-suara.

Untuk gejala pada kerusakan wiper, pemilik kendaraan bisa memperhatikan performa ataupun kinerjanya. Apabila karet wiper tidak dapat menyapu air dengan maksimal maka hal tersebut, merupakan indikasi dari wiper sudah harus segera diganti.

Sedangkan untuk motor wiper, bila rusak, komponen ini bisa diketahui dari suara yang terdengar serta gerakan wipernya. Jika ada masalah pada motor wiper biasa terdengar bunyi berbarengan atau seirama dengan putaran karet wiper. Bila terdengar cukup beda dengan bunyi dari putaran wiper. Paling mudah, ketika wiper sedang di atas kemudian kontak dimatikan. Posisi wiper turun tetapi lemas serta tidak ke posisi awal.

Sementara itu bila terjadi kerusakan pada saklarnya, bisa terindikasi ketika wiper dinyalakan dan saat sedang pada posisi di atas, kemudian kontak dimatikan, maka wipernya akan tetap menggantung.

Indikasi Wiper Mobil Harus Segera Diganti | Rudiyanto | 4.5