Kebiasaan Buruk Berkendara Skutik Dan Akibatnya

Tuesday, November 1st, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Kebiasaan Buruk Berkendara Skutik Dan Akibatnya – Kendaraan roda dua dengan transmisi otomatis, sudah menjadi pilihan utama para biker utamanya para biker perkotaan. Beberapa alasannya, dikarenakan pengoperasiannya yang cukup mudah dan tentunya cukup praktis, terlebih ketika menghadapi jalanan macet.

Kebiasaan Buruk Berkendara Skutik Dan Akibatnya

Kebiasaan Buruk Berkendara Skutik Dan Akibatnya (Sumber Gambar : apritos)

Masih ada banyak pengguna sepeda motor otomatis yang belum faham cara berkendara yang benar. Kebiasaaan buruk pengendara sepeda motor otomatis yang sering dilakukan yakni pada cara menarik gas secara spontan, terlebih dari posisi sepeda motor yang belum melaju.

Perlakuan berkendara seperti itu pastinya akan membuat sepeda motor otomatis cepat mengalami kerusakan. Seharunya bagi Sepeda motor otomatis, gas haruslah diangkat secara perlahan, jangan asal hentak saja, seperti pada sepeda motor bertansmisi manual.

Dampak  Berkendara Skutik Dengan Kebiasaan Buruk

Setidaknya ada potensi dua kerusakan sekaligus yang sering terjadi karena perlakuan berkendara seperti itu. Pertama adalah, rusaknya kanvas ganda atau kanvas kopling seperti sepeda motor manual.

Umur dari kanvas ganda dapat lebih cepat rusak atau kerusakan bisa terjadi pada masa pemakaian enam bulan, padahal umur dari komponen tersebut dapat mencapai 1 tahun lebih pemakaian atau pada 20.000 km. Dana penggantian komponen tersebut minimal Rp 135.000 sampai dengan Rp 250.000, belum beserta ongkosnya.

Kerusakan pun akan terjadi pada komponen roller CVT. Menjadikan bentuk dari komponen tersebut menjadi tak lagi bulat. Dana penggantian dari komponen tersebut minimal Rp 60.000 sampai dengan Rp 85.000.

Dua kerusakan komponen tersebut, akan menjadikan Sepeda motor otomatis terasa tidak halus pada saat gas ditarik, utamanya dari posisi sepeda motor belum melaju atau melaju pelan. Oleh itu, perhatikanlah cara berkendara Sepeda motor otomatis yang benar, utamanya dari cara menarik gas.

Kebiasaan Buruk Berkendara Skutik Dan Akibatnya | Rudiyanto | 4.5