Kelayakan Ban Motor

Thursday, September 15th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Kelayakan Ban Motor – Cukup banyak pengendara sepeda roda dua tak begitu memperhatikan kondisi ban meskipun telah dalam keadaan “botak” serta selama belum bocor, bertanda ban masih pada kondisi yang bagus.

Padahal, kedalaman kembang pada sebuah ban itu sangat penting. Mengapa? karena guna mendapatkan daya cengkram yang baik ketika di jalanan yang basah. Serta kembangan ban yang masih dalam juga sangat penting untuk membuang air diantara ban serta permukaan jalan.

Kelayakan Ban Motor

Kelayakan Ban Motor (Sumber Gambar : motohive)

Kedalaman kembang ban yang cukup juga berfungsi untuk jarak pengereman supaya lebih maksimal dan bisa mengurangi resiko ban mengalami “aquaplaning”. Aquaplaning merupakan kondisi dimana bagian air terbentuk diantara permukaan jalanan dan ban. Jika terjadi aquaplaning, pengendara bisa kehilangan kendali disebabkan ban kehilangan traksinya.

Pada setiap ban dilengkapi dengan TWI atau Tread Wear Indicator yakni semacam indicator yang berguna untuk melihat apakah kedalaman kembang tapak ban masih layak atau tidak.

TWI tersebut berupa tonjolan yang berada di kembangan ban, Apabila ban sudah mencapai batas tersebut, tandanya ban sudah perlu segera diganti. TWI di tapak ban juga dapat dengan mudah ditemukan, dengan bentuk simbol segitiga yang berada di sejumlah titik dinding ban untuk penanda lokasi TWI tersebut berada.

Demikian tips menguji kelayakan ban motor yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Kelayakan Ban Motor | Rudiyanto | 4.5