Kelebihan Dan Kekurangan Kopling Basah Dan Kopling Kering

Tuesday, December 27th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Kelebihan Dan Kekurangan Kopling Basah Dan Kopling Kering – Kopling bertugas sebagai penerus putaran mesin dari poros engkol pada roda gigi mesin, kemudian diteruskan pada roda belakang. Perlu diketahui, tipe kopling cukup beragam. Dari mulai kopling gesek, sentrifugal, fluida dan kopling magnet. Dari sekian varian kopling, yang paling banyak digunakan pada kendaraan, khususnya sepeda motor adalah tipe kopling gesek bertipe plat.

Kelebihan Dan Kekurangan Kopling Basah Dan Kopling Kering

Kelebihan Dan Kekurangan Kopling Basah Dan Kopling Kering

Kelebihan Dan Kekurangan Kopling Basah Dan Kopling Kering (Sumber Gambar : moto123.com)

Dari tipe tersebut terbagi kembali menjadi dua, yaitu kopling plat basah dan juga kopling plat kering. Penggunaan dari kedua tipe tersebut disesuaikan dengan lingkungan kerjanya.

Secara sederhana, pengertian dari kopling basah yang diaplikasikan pada sepeda motor adalah tipe kopling yang terendam oleh oli. Sedangkan pada tipe kopling kering tidak terendam oleh oli.

Pada motor Honda, kopling basah banyak dipergunakan untuk sepeda motor matic atau skuter matik. Sedangkan penggunaan kopling kering dipakai pada model selain skutik, seperti motor bebek ataupun motor sport.

Kopling basah maupun kopling kering tentu mempunyai kelebihan dan juga kekurangan. kelebihan dari kopling kering adalah tidak mengalami slip. Walaupun pemilik kendaraan melakukan sebuah kesalahan dalam penggunaan oli mesin. Hal ini karena kopling kering tidak terendam oleh oli.

Dengan kalimat lain, kualitas oli tidak berpengaruh terhadap kinerja kopling. Daya cengkram pun lebih erat.

Sedangkan dari segi kekurangan komponen kopling kering terdapat pada pelumasannya. Dikarenakan tidak terendam oleh oli, kopling kering bisa cepat aus.

Sementara itu, kelebihan dan juga kekurangan dari kopling basah adalah kebalikannya dari kopling kering. Pada segi pelumasan, kopling basah dirasa lebih baik. Akan tetapi, kekurangannya langkah kerja kopling tersebut tergantung kualitas oli. Jika terlalu licin bisa mengakibatkan slip. Di samping hal tersebut, hambatan gesekannya dirasa kurang sehingga kalah efektifitasnya dari kopling kering.

Kelebihan Dan Kekurangan Kopling Basah Dan Kopling Kering | Rudiyanto | 4.5