Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED di Kendaraan

Monday, February 29th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Light Emiting Dioda atau LED kini mulai diterapkan pada lampu kendaran roda dua ataupun roda empat. Penggunaan jenis lampu LED ini ternyata mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan lampu LED di kendaraan bermotor?

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED di Kendaraan

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED di Kendaraan

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED di Kendaraan

Menutur Endro Sutarno yang merupakan Instruktur Technical Service Division AHM mengatakan, “Jika penggunaannya full LED, maka listrik yang dibutuhkan tidak akan terlalu besar apabila dibandingkan dengan lampu bohlam. Logikanya jika menggunakan lampu bohlam apabila ingin terang maka harus menambah watt. Berbeda dengan LED, terang tapi watt-nya kecil. Watt yang kecil otomatis hanya perlu sumber daya listrik yang kecil juga. Lebih lanjut, apabila sumbernya tidak besar, berarti putaran crankshaft tidak akan terbebani, sehingga putarannya ringan. Sistem elektrikal berpengaruh pada ke-iritannya.”

Kelebihan Lampu LED pada Kendaraan

Endro juga mengungkapkan urutan pengaruh pada sistem kelistrikan sebuah lampu LED terhadap performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Menurut beliau, dengan menggunakan lampu jenis LED yang mempunyai watt kecil akan membuat kinerja crankshaft tidak terbebani.

Urutannya seperti ini, lamu bohlam bila ingin terang harus watt besar. Jika watt besar sumbernya pun harus besar. Sedangkan sumber yang besar maka gelombang magnet yang diperlukan pun akan sangat besar maka akan membuat putaran crankshaft terbebani. Pengaruh crankshaft yang terbebani yaitu ke performa mesin dan juga pada konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Tidak hanya sampai di situ, kelebihan lampu LED juga berpengaruh pada sisi desain. Kendaraan yang menggunakan lampu LED desainnya menjadi lebi mudah untuk dibuat menarik, karena LED mempunyai bentuk yang tipis, tidak makan ruang.

Kelebihan lainnya dari lampu LED adalah mudah dalam perawatan, dan lebih tahan lama dibandingkan dengan lampu bohlam.

Kekurangan Lampu LED pada Kendaraan

Disamping sederet kelebihan lampu LED, ternyata dia juga mempunyai kekurangan. Poin kekurangannya seperti yang dikatakan oleh Endro, jika putus harus diganti satu paket secara keseluruhan. Dan pemilik motor ataupun mekanik tidak disarankan untuk meengotak-atik kelistrikan pada kendaraan yang menggunakan lampu LED, terlebih bila menambahkan komponen lain seperti saklar.

Poin terakhir yang menjadi kekurangan lampu LED adalah di harga. Saat ini harga lampu LED jauh lebih mahal dibanding dengan lampu jenis bohlan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan lampu LED pada kendaraan bermotor. Semoga dengan adanya informasi ini menambah wawasan anda mengenai seluk beluk kendaraan bermotor.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED di Kendaraan | admin | 4.5