Kelebihan Dan Kekurangan Motor Trail 2 Tak Dan 4 Tak

Saturday, May 6th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Trail 2 Tak Dan 4 Tak – Sekarang ini, sepeda motor trail dengan sistem pembakaran mesin 2-Tak sudah mulai untuk ditinggalkan. Pabrikan ternama, banyak melahirkan sepeda motor trail dengan sistem pembakaran mesin 4-Tak, yang diasumsikan atau dinilai lebih efisien serta ramah lingkungan.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Trail 2 Tak Dan 4 Tak

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Trail 2 Tak Dan 4 Tak (Sumber Gambar : Wikimedia Commons)

Padahal, mesin motor dengan sistem pembakaran 2-Tak tersebut mempunyai tenaga yang lebih agresif dan juga mumpuni, dibandingkan sepeda motor trail bermesin 4-Tak. Lantas, apakah kelebihan dan juga kekurangan sepeda motor trail dengan mesin 4-Tak serta 2-Tak?

Kelebihan dari sepeda motor trail 4-Tak memang bertumpu pada perawatan yang dinilai tidak terlalu ribet dari mesin motor 2-Tak.

Pada sepeda motor trail 2-Tak, perawatan pelumasan atau oli mesin, pendingin atau radiator, oli samping haruslah terkontrol. Begitu pula dengan perawatan berkala dan servi yang cukup penting dilakukan.

Untuk mesin motor 4-Tak di setiap melakukan kegiatan trabas haruslah mengganti oli, sedangkan pada motor trail bermesin 2-Tak, tidaklah terlalu sering saat mengganti oli mesin.

Tetapi, jika pada motor trail bermesin 2-Tak terkadang busi mati ketika sedang melakukan kegiatan trabas, jadi benar-benar perlu dilakukan perawatan yang tepat dan benar. Bila pada motor trail bermesin 4-Tak, dirasa lebih aman serta tidak repot.

Jadi, untuk pehobi atau maniac trail yang ingin memilih tunggangan dengan bermesin 2-Tak, haruslah paham dan mengerti pada perawatan sepeda motornya. Semisal, harus rajin untuk mengganti oli samping, memeriksa karburator, membersihkan komponen blok dan juga head mesin, memanaskan sepeda motor, memeriksa oli mesin, pemeriksaan kabel koil serta pemeriksaan busi dengan teratur.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Trail 2 Tak Dan 4 Tak | Rudiyanto | 4.5