Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Saturday, April 16th, 2016 - Artikel, Artikel Alat Kantor

Ketokoku.net – Salah satu jenis printer yang banyak digunakan adalah jenis printer dot matrix. Printer jenis ini adalah printer yang menggunakan pita untuk menghasilkan cetakannya. Bila dilihat dari segi kualitas, jenis printer jenis ini tidak menghasilkan kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan jenis printer lainnya.

Namun perlu diingat, jenis printer dot matrix tidak digunakan untuk mencetak dokumen apalagi gambar. Printer jenis ini biasa digunakan untuk mencetak struk, nota, invoice atau kebutuhan kantor yang sejenis.

Dari segi penggunaan warna, jenis printer dot matrix hanya bisa menghasilkan beberapa jenis warna saja, sesuai dengan warna pitanya. Biasanya hanya tersedia jenis warna, hitam, biru dan merah saja. Hasil cetakannya sangat khas, memiliki resolusi yang sangat rendah, bila kita lihat akan tampak seperti titik-titik yang menyusunnya hingga menjadi sebuah karakter.

Kecepatan yang dihasilkan oleh jenis printer dot matrix saat mencetak adalah diukur berdasarkan jumlah karakter. Pengukurannya menggunakan satuan cps (character per second). Umumnya kecepatan cetak printer dot matrix adalah 500 cps.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Lebih lengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan printer dot matrix akan kami urai pada tabel berikut.

Kelebihan Printer Dot Matrix

1. Bila dibandingkan dengan tinta, pita untuk mencetak pada printer dot matrix jauh lebih murah.

2. Bisa digunakan untuk pencetakan rangkap, karena menggunakan sistem ketuk jadi bisa tembus ke rangkap yang kedua

3. Bisa digunakan untuk mencetak kertas yang lebih lebar.

Kekurangan Printer Dot Matrix

1. Ketika melakukan proses pencetakan, suara cukup keras

2. Lambat dalam proses mencetak

Itulah yang bisa kami sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan printer dot matrix. Simak juga artikel kami lainnya yang masih berhubungan, yaitu tentang cara merawat printer dot matrix biar tetap awet.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix | admin | 4.5