Kelebihan Dan Kekurangan Sistem CVT

Monday, November 28th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem CVT – CVT atau Continous Variable Transmission merupakan system transmisi yang tidak mempunyai gigi perseneling, jadi pada posisi gigi 1,2,3,4,5 tetap di satu gigi dan tidak harus mengoper, prinsip penggantiannya dipergunakan dua puli, yaitu puli penggerak serta puli yang digerakkan, kedua puli ini dihubungkan dengan belt atau serabut atau sabuk seerat baja sederhananya seperti pada sepeda motor matic, yang mana tidak perlu mengoper gigi, RPM naik dengan sendirinya serta akan menyesuaikan dengan kecepatan. Oper gigi dilakukan cuma pada saat ingin mundur ataupun maju saja.

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem CVT

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem CVT (Sumber Gambar : about.com cars)

Antara dua posisi tersebut rasionya dari rendah dan tinggi, computer dari komponen transmisi akan menyiapkan tekanan minyak yang balance di tiap drum. Hal tersebut akan menghasilkan rasio yang sesuai dengan kondisi jalanan pada saat berkendara dan posisi akselerator.

Transmisi dari CVT ini cukup halus , yang mana sama sekali tidak terdapat hentakan akibat dari proses perpindahan gigi. Namun mobil bertransmisi CVT akselerasinya tidak sebagus mobil yang bertransmisi otomatis konvensional maupun manual.

Ada juga kelebihan dan kekurangan sistem CVT atau Continous Variable Transmission ini, berikut dibawah ini merupakan penjelasan mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Sistem CVT:

Kelebihan Dari Sistem CVT :

Terasa lebih mudah untuk dikendarai seperti mengendarai sepeda motor matic, terlebih untuk orang yang baru saja belajar mengendarai mobil, juga bagi para wanita maupun ibu-ibu rumah tangga dikarenakan cukup praktis dan tidak perlu repot berpikir kapankah perpindahan gigi saat mengendarai akan dilakukan.

Ketika berkendara akan terasa lembut dikarenakan tidak adanya hentakan perpindahan gigi.

Penggunaan BBM dinilai lebih irit dikarenakan pemakaian rpm mesin relative lebih stabil sehingga langkah pembakaran bahan bakar pada ruang bakar diklaim mendekati ideal.

Dilengkapi sistem engine brake yang dinilai cukup kuat, sangat berguna pada saat melintasi turunan dan akan membantu pengereman sehingga rem tidak bekerja dengan berat.

Akselerasinya yang cukup baik karena didukung kinerja mesin yang dirasa cukup stabil.

Kekurangan Dari Sistem CVT :

Mobil bertransmisi CVT tidak bisa dipakai pada daerah yang ekstrem maupun kasar dikarenakan mesinnya akan mudah rusak.

Sistem transmisi CVT ini cukup susah diperbaiki pada saat rusak, hal tersebut dikarenakan mesin ini mempunyai sistem yang cukup kompleks sehingga wajib dibawa pada service resmi.

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem CVT | Rudiyanto | 4.5