Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT

Friday, December 23rd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT – Transmisi CVT atau Continously Variable Transmission dikenal sangatlah halus dan tidak terdapat hentakan. Selain dari itu, transmisi CVT ini umumnya lebih hemat terhadap konsumsi bahan bakar dengan syarat atau catatan mobil selalu pada keadaan atau kondisi sehat. Transmisi CVT juga mempunyai bobot yang dikenal paling ringan, karena tidak mempunyai komponen sebanyak transmisi jenis torque converter ataupun transmisi jenis dual clutch atau transmisi kopling ganda. Ongkos produksi dari transmisi CVT adalah yang paling murah di antara transmisi matic atau otomatis lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT (Sumber Gambar : ebay)

Akan tetapi, transmisi CVT ini juga mempunyai sejumlah kekurangan. Diantaranya adalah akselerasinya yang dirasa tidak terlalu spontan dan juga dikenal kurang gahar layaknya transmisi otomatis yang biasa. Selain itu juga tenaga yang diproses dan dihasilkan mesin tidak selalu tersalurkan pada roda dengan sepenuhnya. Hal ini disebabkan adanya gesekan pada belt dan juga puli transmisi CVT.

Transmisi CVT ini ada pada hampir semua merk sepeda motor matic yang ada di Tanah Air. Sementara pada kendaraan roda empat atau mobil, transmisi CVT ini bisa ditemukan pada mobil Subaru XV, mobil Honda City generasi awal dan generasi ketiga, mobil Honda Jazz generasi awal dan generasi ketiga, mobil Mitsubishi Outlander Sport, mobil Nissan X-Trail, mobil Suzuki Swift Sport, mobil Toyota Alphard dan juga mobil Vellfire, dan mobil merk lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT | Rudiyanto | 4.5