Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Dual Clutch

Saturday, December 24th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Dual Clutch – Transmisi Dual Clutch atau kopling ganda otomatis ini merupakan transmisi yang paling baru dari dua varian transmisi lainnya. Transmisi Dual clutch mempunyai dua kopling yang siap bertugas untuk membantu mesin dalam hal menggerakkan roda. Terdapat dua jenis penggunaan dari tipe kopling pada transmisi dual clutch ini, yaitu kopling basah atau wet clutch serta kopling kering atau dry clutch.

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Dual Clutch

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Dual Clutch

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Dual Clutch (Sumber Gambar : autoguide)

Kelebihan dari transmisi dual clutch adalah bisa melakukan perpindahan gigi secara cepat dan juga halus. Performa dari transmisi dual clutch ini pun lebih responsif dibanding transmisi torque converter maupun transmisi CVT. Inilah alasan dari banyaknya mobil sport yang mengaplikasikan transmisi dual clutch.

Kekurangan dari transmisi dual clutch ini adalah dari segi konstruksi yang cukup rumit dikarenakan banyaknya komponen yang diaplikasikan. Bobot dari transmisi dual clutch lebih berat daripada transmisi CVT maupun transmisi matic biasa. Pada sejumlah kasus, dana dari perbaikan dual transmisi dual clutch cukup mahal dan memerlukan waktu yang lama. Selain dari itu, pada transmisi kopling ganda tipe dry clutch mempunyai karakter judder. Namun hal ini teratasi pada transmisi kopling ganda tipe wet clutch.

Sejumlah mobil yang mengaplikasikan transmisi dual clutch ini adalah mobil Ford EcoSport, moblil Ford Fiesta, mobil Mistsubishi Lancer Evolution X, mobil Nissan GT-R, mobil VW Golf GTi, mobil BMW M series, mobil Powersche 911, mobil Lamborghini Huracan dan mobil sport lain.

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Dual Clutch | Rudiyanto | 4.5