Kelebihan Mobil Dengan Aki Tipe Basah

Thursday, March 23rd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Kelebihan Mobil Dengan Aki Tipe Basah – Aki bertipe kering dan juga Aki basah mempunyai perbedaaan dari segi spesifikasi dan juga cara perawatan. Pada dasarnya, kedua aki tersebut sama-sama mengadopsi sistem cairan elektroda. Akan tetapi, cairan yang ada pada aki kering lebih padat.

Kelebihan Mobil Dengan Aki Tipe Basah

Kelebihan Mobil Dengan Aki Tipe Basah (Sumber Gambar : wikimedia)

Perbedaan tersebut juga bisa berpengaruh terhadap umur pemakaian aki. Aki tipe basah perlu perawatan lebih detail dan sering. Hal tersebut dikarenakan, cairan pada aki bertipe basah sering menguap. Sebab itu, mobil-mobil pada zaman sekarang tidak ada yang mempergunakan aki tipe basah. Hal tersebut beralasan, konsumen sering mengabaikan perawatan terhadap aki.

Pemeriksaan pada aki juga bergantung dari penggunaan atau pemakaian mobil dan juga penggunaan dari sistem kelistrikannya. Misalnya, jika pemilik banyak memasang aksesoris yang memerlukan arus listrik, maka aki perlu diperiksa lebih sering.

Kelebihan dari aki basah mempunyai umur pakai yang cukup panjang. Normalnya, jika mobil dipergunakan setiap hari, umur dari pemakaian aki basah bisa hingga dua tahun. Apabila aki kering, paling lama dan maksimal satu setengah tahun.

Selain dari itu, aki tipe basah bisa di charge ulang energi listriknya. Berbeda dengan tipe aki kering yang tidak dianjurkan untuk di charge ulang. Sebab, cell-nya berbeda. Aki tipe kering tidak dapat menyimpan arus atau energi listrik yang masuk lewat converter atau alat pengisian ulang aki.

Kelebihan Mobil Dengan Aki Tipe Basah | Rudiyanto | 4.5