Kesalahan Umum Pengemudi Pemula

Thursday, October 20th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Kesalahan Umum Pengemudi Pemula – Memang kecelakaan yang terjadi di jalan raya dapat menghampiri siapapun. Namun, sebaiknya para pengendara atau pengemudi khususnya pengemudi roda empat lebih mawas diri guna meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan yang kerap terjadi dijalan raya tersebut.

Beberapa Kesalahan Umum Pengemudi Pemula

Kesalahan Umum Pengemudi Pemula

Kesalahan Umum Pengemudi Pemula (Sumber Gambar : johnsonjensen)

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang umum dan sering dilakukan oleh pengemudi pemula.

Tergesa-gesa

Tergesa-gesa disini bisa diartikan tidak sabaran dan ingin cepat sampai pada tujuan dengan memacu kendaraan seenaknya. Hal ini dikarenakan kebanyakan pengendara yang baru bisa mengemudi ingin memacu kendaraanya dengan kencang, bahkan bisa dikatakan agresif. Dalam kondisi ini pengemudi rentan pada gangguan dan lebih agresif yang maksudnya resiko jadi lebih meningkat. Solusi yang dapat diterapkan adalah berangkat dengan lebih awal dan mengingatkan resiko ngebut di jalanan.

Cukup Mudah Panik

Dengan alasan belum mempunyai banyak pengalaman, pada saat menemui suatu kondisi pada jalan seperti ban mobil mendadak bocor, yang muncul justru perasaan panik. Pada kondisi panik, secara otomatis kendali pada kendaraan menjadi mudah terabaikan.

Banyak Gangguan

Memutar musik terlalu keras, sampai tidak mampu mendengar suara lain dari luar seperti klakson serta suara lainnya meningkatkan resiko kecelakaan. Selain dari itu, berbicara keras ataupun bercanda dengan teman, terlalu sering menelepon dan sibuk dengan pesan sms menjadi hal yang umum dilakukan pengemudi pemula.

Posisi Duduk

Tidak semua pengemudi dapat mendapatkan posisi duduk yang ideal. Tetapi kondisi semakin runyam pada saat pengemudi pemula mencari posisi sandaran jok yang terlalu rebah serta jauh dari setir. Dampaknya, respons pada kondisi darurat jelas akan menurun drastis. Seatbelt pun seringkali tidak terpasang sempurna pada badan.

Menaruh Barang Sembarangan

Tidak sedikit pengemudi yang menaruh barang bawaan pada mobil dengan sembarangan. Mulai dari hiasan kabin, tas, sampai barang yang cukup berat. Selain akan mengganggu fokus saat mengemudi, bukan tidak mungkin pada saat terjadi pengereman secara tiba-tiba akan membuat barang-barang tersebut terlempar pada pengemudi.

Tidak Mematuhi Rambu-rambu Lalu Lintas

Menyepelekan dan mengabaikan rambu-rambu lalu lintas, pindah pada jalur lain tanpa memberikan tanda merupakan beberapa perilaku mengemudi yang sangat beresiko tinggi. Selain dari itu, pada kecepatan yang tinggi mobil membutuhkan jarak sekitar 4-5 mobil saat melakukan pengereman.

Kesalahan Umum Pengemudi Pemula | Rudiyanto | 4.5