Keuntungan Knalpot Tinggi Pada Motor

Tuesday, April 4th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Keuntungan Knalpot Tinggi Pada Motor – Mungkin tidak banyak yang mengetahui atau menyadari bahwasanya terdapat keuntungan tertentu mempunyai sepeda motor dengan posisi knalpot yang tinggi. Semakin tinggi sepeda motornya, maka kemungkinan besar sepeda motor tersebut bisa selamat ketika menerjang banjir atau genangan air.

Keuntungan Knalpot Tinggi Pada Motor

Keuntungan Knalpot Tinggi Pada Motor (Sumber Gambar : pixabay)

Logikanya, knalpot merupakan saluran pembuangan akhir dari komponen mesin yang membuang gas sisa dari pembakaran mesin. Maka knalpot sepeda motor perlu terbebas dari zat apapun. Pada saat knalpot kemasukan air semisal pada saat melintasi genangan air banjir, maka komponen mesin akan bermasalah.

Air yang masuk pada knalpot dapat mengalir hingga komponen mesin. Jika terdapat air pada mesin, pastinya kerja mesin akan bermasalah, dan bisa mati.

Selain dari knalpot, tentu patokan yang lainnya adalah komponen busi. Tanpa adanya busi yang kering, maka tidak mungkin pembakaran berjalan dengan maksimal, bahkan kemungkinan besar tidak akan terjadi pembakaran. Dan pada saat melintasi genangan, busi mempunyai posisi rendah berpotensi besar terkena percikan air.

“Jadi makin tinggi busi dan juga knalpot, bisa saja lebih gampang melewati genangan air atau banjir”.

Meskipun demikian, pemilik sepeda motor dengan komponen knalpot rendah pun tetap dapat selamat dari air banjir dengan sejumlah syarat. Yakni dengan menutup lubang knalpot dengan material plastik ataupun kain, dan melintasi genangan banjir dengan mesin mati.

Keuntungan Knalpot Tinggi Pada Motor | Rudiyanto | 4.5