Komponen Mobil Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Saturday, January 28th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Komponen Mobil Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan – Ketika musim hujan, bukan cuma manusia yang membutuhkan perhatian khusus supaya kondisi tetap prima dan tidak mudah sakit. Kendaraan, termasuk mobil, juga membutuhkan perhatian sehingga hal yang tidak diinginkan bisa dihindari.

Komponen Mobil Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Komponen Mobil Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Komponen Mobil Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan (Sumber Gambar : aaafoundation.org)

Ada sejumlah komponen mobil yang butuh perhatian dan perannya pun sangat vital pada musim hujan. Keempat komponen tersebut adalah lampu, kampas rem, klakson, serta aki. 4 komponen tersebut mempunyai peranan penting pada segi keselamatan ketika berkendara pada musim penghujan.

Lampu peneratang ataupun lampu lainnya sangatlah penting, karena yang menentukan jarak pandang ketika mengemudi, terlebih saat hujan penglihatan sangat terbatas. Maka selain dari pemeriksaan, pemilihan dari cahaya lampu pun cukup penting.

Selain komponen lampu utama ada pula kampas rem yang perlu diperiksa. Pastikanlah kampas rem tersebut dalam kondisi yang prima dan periksa secara rutin ketebalan dari kampas tersebut.

Pemeriksaan kampas rem untuk meminimalisir potensi slip secara mendadak dalam perjalanan ketika turun hujan.

Aturlah jarak terhadap mobil yang ada di depan ketika pengereman sedikit lebih jauh dari kebiasaannya. Memberikan ruang terhadap pengereman yang lebih aman bila harus berhenti dengan mendadak ketika hujan.

Bukan cuma itu saja, klakson yang merupakan tanda peringatan pun membutuhkan perawatan. Pada saat hujan serta kondisi jalanan yang kemungkinan lebih tidak terduga, pengguna jalanan bisa dengan mudah teralihkan konsentrasinya.

Kualitas dari suara klakson yang maksimal dapat membantu memperingatkan pengendara lain supaya tetap berhati-hati. Sama halnya dengan aki, karena komponen tersebut merupakan sumber kelistrikan dan pasti perlu diperhatikan kondisinya.

Komponen Mobil Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan | Rudiyanto | 4.5