Komponen Mobil Yang Kerap Bermasalah Di Tengah Perjalanan Mudik

Friday, June 23rd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Komponen Mobil Yang Kerap Bermasalah Di Tengah Perjalanan Mudik – Musim mudik lebaran sedang berlangsung. Jalan utama ramai dengan ribuan mobil yang siap untuk menempuh jarak ratusan kilometer demi bertemu dengan sanak keluarga besar di kampung halaman.

Komponen Mobil Yang Kerap Bermasalah Di Tengah Perjalanan Mudik

Komponen Mobil Yang Kerap Bermasalah Di Tengah Perjalanan Mudik (Sumber Gambar : wikipedia)

Meskipun sudah diservis sebelumnya, terkadang mobil-mobil tersebut tetap mengalami sejumlah masalah. Salah satu masalah yang paling utama adalah sistem bagian dalam mesin yang kampas koplingnya aus.

Umumnya hal tersebut dialami oleh pengendara yang kurang “peka” pada kondisi mobilnya. Dengan demikian komponen ini harus sudah diganti sebelum berangkat mudik. Namun terkadang, ada beberapa pengendara yang tidak sadar dan juga baru tahu ada yang salah pada saat kampas kopling mobilnya sudah benar-benar habis.

Kopling yang sudah wajib untuk diganti diindikasikan dengan tenaga mobil yang terus melemah dan tidak seperti biasanya. Tetapi pada satu sisi rata-rata dari putaran mesinnya mulai mengalami peningkatan. Artinya, rpm tinggi yang tidak dibarengi dengan datangnya tenaga yang besar.

Secara kecepatan beberapa mobil mencapai 60 km / jam di posisi gigi 3, dan rpm yang dapat dicapainya pun cuma mencapai sekitar 2.000 rpm. Apabila kopling telah mengalami kerusakan, terlebih di bagian plat koplingnya, kemungkinan rpm yang dicapainya akan naik sampai 3.000 rpm.

Gejala lain adalah dengan terciumnya bau gosong pada saat mobil berada di tanjakan. Pedal atau handle kopling pun biasanya menjadi lebih keras dan lebuh tinggi, di mobil dengan kopling dengan sistem hidrolik.

Komponen Mobil Yang Kerap Bermasalah Di Tengah Perjalanan Mudik | Rudiyanto | 4.5