Komponen Motor Matic Yang Mudah Rusak

Saturday, December 17th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Komponen Motor Matic Yang Mudah Rusak – Masyarakat Indonesia pada saat ini lebih menyukai sepeda motor jenis scuter matic atau scutic. Sepeda motor matic menjadi pilihan dari banyaknya konsumen dikarenakan mudah dipergunakan dan tidak perlu memindahkan gigi seperti pada sepeda motor bebek atau sepeda motor sport.

Namun sama seperti dengan sepeda motor jenis lain, scuter matic pun bisa mengalami permasalahan apabila pemilik mengabaikan perawatannya. Harus diketahui, ada sejumlah komponen pada sepeda motor matic yang cenderung mempunyai usia pendek. Apabila tidak pernah melakukan pemeriksaan, sepeda motor matic Anda bisa saja mengalami masalah di tengah perjalanan.

Komponen Motor Matic Yang Mudah Rusak

Komponen Motor Matic Yang Mudah Rusak

Komponen Motor Matic Yang Mudah Rusak (Sumber Gambar : new mazped)

Setidaknya ada empat komponen sepeda motor matic yang perlu diperiksa secara berkala. Berikut di bawah ini adalah komponen motor matic yang mudah rusak:

Drive belt

Telah menjadi rahasia umum bahwasanya perangkat yang satu ini rawan akan kerusakan. Drive belt mempunyai tugas yang penting, yaitu menghubungkan mesin dengan komponen penggerak roda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memeriksa komponen tersebut supaya tidak putus saat dikendarai.

Ban

Ban sepeda motor matic juga dianggap sebagai kelemahan pada sepeda motor matic, karena lebih cepat botak dibandingkan pada ban sepeda motor sport. Hal tersebut cukup wajar, karena diameter dari ban scutic memang lebih kecil. Dan tentu ban akan berputar lebih banyak dan bisa mengakibatkan ban aus lebih cepat.

Rem

Kerap dijumpai pengendara scutic yang suka menarik pedal rem. Bahkan ada juga yang tetap menarik pedal rem ketika scutic sedang berjalan normal. Hal tersebut justru akan membuat kampas rem cepat habis.

Kopling

Prinsip kerja dari onderdil ini persis dengan tipe sepeda motor lainnya. Akan tetapi, karakteristik kopling pada sepeda motor matic berbeda dengan banyaknya bagian yang bergerak memutar. Dari mulai roller, per, kopling dan komponen yang lainnya. Oleh sebab itu, lakukanlah pemeriksaan secara rutin. Siapkan juga anggaran untuk mengganti suku cadang baru guna mengantisipasi jika komponen tersebut mengalami kerusakan.

Komponen Motor Matic Yang Mudah Rusak | Rudiyanto | 4.5