Komponen Motor Yang Biasa Rusak Setelah Terjatuh

Tuesday, February 28th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Komponen Motor Yang Biasa Rusak Setelah Terjatuh – Hampir seluruh pemilik dari sepeda motor pernah merasakan terjatuh. Hal tersebut pun yang bisa mengakibatkan kondisi dari si kuda besi bisa mengalami sejumlah masalah sehingga mengakibatkan performanya menurun.

Komponen Motor Yang Biasa Rusak Setelah Terjatuh

Komponen Motor Yang Biasa Rusak Setelah Terjatuh (Sumber : Wikipedia)

Menurut Seorang Kepala Mekanik Astra Motor di Jakarta, ada beberapa komponen yang kemungkinan besar rusak apabila sepeda motor jatuh.

“Yang Pertama, biasanya terjadi pada komponen seperti panel bodi yang pecah ataupun bagian dari bodi bengkok. Jika mendapat benturan yang cukup kencang, biasanya terjadi beberapa masalah di bagian depan,”.

Masalah pada bagian depan di sepeda motor, terjadi di stang, segitiga sampai garpu suspensi.

Pada semua sepeda motor, komponen segitga tersebut memiliki fungsi yang penting dikarenakan sebagai komponen penghubung setang serta garpu suspensi bagian depan. Bila komponen ini bermasalah dapat membuat posisi dari garpu kiri dan juga kanan tidak akan sejajar.

“Kalau segitiga sudah bermasalah masih dapat direkonstruksi dengan cara di-press. Jika rusak ringan pada sepeda motor cub atau bebek biaya rekonstruksinya kurang lebih antara 3 ratus ribu, tetapi jika rusaknya cukup berat bisa mencapai 4 ratus 50 ribu”.

Selain dari itu, komponen yang lain yang harus diperiksa adalah komponen velg, ban, klaher atau bearing, dan juga komstir. Bearing posisinya berapa pada bagian tengah velg roda. Apabila rusak, dapat diketahui dengan metode menggoyangkan roda ke arah kanan dan kiri.

Sedangkan komponen komstir yang merupakan penghubung segitiga garpu depan dan juga rangka sepeda motor. Apabila komponen komstir ini rusak, umumnya akan terasa oblak, susah untuk digerakan, kasar dan sulit ketika berbelok.

Komponen Motor Yang Biasa Rusak Setelah Terjatuh | Rudiyanto | 4.5