Komponen Yang Harus Diperhatikan Pada Mesin Diesel

Tuesday, October 11th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Komponen Yang Harus Diperhatikan Pada Mesin Diesel – Meskipun pada perawatan untuk mesin diesel dan mesin bensin memang tidak jauh beda. Tetapi, pada mesin diesel ada beberapa spareparts atau komponen yang perlu perhatian khusus guna menjaga performa mesin. Dan berikut inilah komponen yang harus diperhatikan untuk jaga performa mesin diesel.

Beberapa Komponen Yang Harus Diperhatikan Pada Mesin Diesel

Komponen Yang Harus Diperhatikan Pada Mesin Diesel

Komponen Yang Harus Diperhatikan Pada Mesin Diesel (Sumber Gambar : trucktrend)

Bahan bakar solar yang dipergunakan oleh mesin diesel bisa terbakar dengan spontan sehingga kerap lebih cepat menghasilkan kerak pada ruang pembakaran. Kerak yang muncul pada ruang pembakaran ini jadi salah satu penyebab performa mesin menjadi menurun.

Perhatikan Kondisi Injektor, EGR, Serta Filter Udara

Semua komponen tersebut dapat menurunkan performa mesin Dieles, Hal tersebut dikarenakan kompresi yang dikenal tinggi pada mesin diesel menjadikan komponen-komponen tersebut butuh perhatian yang khusus.

Periksa Filter Solar Serta Ganti Oli Setiap 10.000 km

Pemeriksaan filter solar serta penggantian oli lebih baik dilakukan di interval 10.000 km. Bila filter solar diesel yang baru pada Toyota tidak ada interval, tetapi tinggal melihat lampu peringatan nyala. Jadi, hal tersebut bisa tergantung kualitas solarnya.

Periksa Jelaga Pada Ujung Knalpot

Hal yang paling mudah untuk Anda para pengemudi mobil diesel adalah dengan memeriksa jelaga pada ujung pipa knalpot. Adanya jelaga yang cukup banyak dan butiran-butiran besar yang ada di ujung pipa knalpot dapat diartikan sebagai penanda mesin yang tidak lagi optimal. Atau bisa menjadi media indikator solar yang dipergunakan mempunyai kualitas yang kurang baik, lebih dari itu soal perawatan mesin pada dasarnya sama.

Komponen Yang Harus Diperhatikan Pada Mesin Diesel | Rudiyanto | 4.5