Kunci Penting Eco Driving Pada Mobil

Thursday, December 22nd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Kunci Penting Eco Driving Pada Mobil – Bukan zamannya lagi kebut-kebutan, pada kondisi jalanan yang semakin hari semakin padat. Pengendara mobil saat ini mulai mengikuti tren yang mungkin saja lebih berguna, yaitu mengemudi irit atau istilah dalam bahasa asingnya adalah Eco Driving.

Beberapa kali dijelaskan mengenai metode pengemudian ini, mengenai tekniknya. Tetapi, hal yang paling penting pada eco driving adalah mindset.

Lima puluh persen faktor penentu dari metode ini adalah pola pokir, bisakah mengendalikan emosi? Untuk sejumlah orang memang cukup susah, dan hal tersebut perlu latihan.

Kunci Penting Eco Driving Pada Mobil

Kunci Penting Eco Driving Pada Mobil

Kunci Penting Eco Driving Pada Mobil (Sumber Gambar : myprojectorlamps)

Tidak cuma pola pikir, tetapi cuaca pun cukup memberikan pengaruh. Pada saat suhu semakin rendah, kerapatan udara bisa dibilang semakin bagus. Oksigen yang masuk pada ruang bakar semakin rapat dan hal tersebut semakin memaksimalkan pembakaran.

Seperti halnya mengemudi pada malam hari akan dirasa lebih irit daripada siang hari. Dibawah ini merupakan Kunci Penting Eco Driving yang mungkin bisa menjadi wawasan tambahan bagi para pengemudi:

Menginjak gas dengan halus. Apabila mobil bertransmisi manual, secepatnya mengoper gigi. Jika bertransmisi otomatis, menahan putaran mesin dan tidak lebih dari 2.000 rpm.

Antisipasi lalu lintas. Terkadang pengemudi lupa menginjak gas tanpa melihat kondisi dan situasi di depan. Faktanya, mengurangi rem justru merupakan kunci eco driving atau mengemudi irit.

Jangan memainkan setengah kopling pada pengemudi mobil dengan transmisi manual. Tenaga mesin tentu akan terbuang, secara otomatis bahan bakar pun menjadi boros.

Engine brake. Selalu memakai tenkik ini jika memungkinkan. Pakai semaksimal mungkin.

Pertahankanlah kecepatan yang konstan pada jalur bebas hambatan.

Usahakanlah jangan melangsam terlalu lama atau stasioner. Memang, terdapat kondisi yang perlu seperti itu, termasuk ketika berhenti pada lampu merah.

AC. Kompresor AC mengambil tenaga dari komponen mesin. Semakin lama dihidupkan, bbm yang dikonsumsi akan semakin banyak. Temperatur pun tidak perlu digeser hingga level paling dingin, usahakan seperlunya saja supaya kompresor tidak bekerja keras. Untuk Blower tidak terlalu berpengaruh.

Menutup jendela pada kecepatan tinggi. Melaju pada kecepatan di atas 100 kpj, dengan kaca terbuka. Berisik dengan suara angin dan masuk akan menjadi hambatan.

Jangan agresif. Hal ini paling sulit, namun justru yang paling penting. Tahanlah emosi di jalanan otomatis akan membuat pengemudi tidak agresif.

Kunci Penting Eco Driving Pada Mobil | Rudiyanto | 4.5