Langkah Membersihkan Busi

Wednesday, November 23rd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Langkah Membersihkan Busi – Busi merupakan komponen kendaraan yang di pasang pada mesin. Pembakaran pada ujung elektroda terletak pada ruang bakar. Busi tersebut dipasang guna membakar bensin yang sudah dikompresi oleh komponen lain dari mesin yakni piston.

Seperti komponen lain pada kendaraan pada umumnya, busi pun bisa saja rusak, yang ditandai oleh kotornya ujung busi yang disebabkan oleh karbon sisa-sisa pembakaran ataupun basah karena oli. Apabila sudah kotor seperti ini, sebenarnya busi dapat dibersihkan.

Langkah Membersihkan Busi

Langkah Membersihkan Busi

Langkah Membersihkan Busi (Sumber Gambar : strictly)

Setidaknya ada empat cara umum atau aturan apabila pemilik kendaraan ingin membersihkan komponen busi ini.

Pertama, dalam membersihkan busi, biasakan menggunakan sikat yang halus, bukanlah amplas ataupun sikat kawat yang sangat keras. Sebab, jika memakai pembersih yang keras ujung dari elektrodanya bisa saja tumpul.

Setelah itu, disarankan supaya tidak merendam seluruhan busi dengan cairan bensin. Biasanya hal ini kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan. Bensin dapat merontokan kotoran. Tetapi ada bagusnya busi jangan direndam, cukup sikatnya saja diolesi bensin.

Hal tersebut guna mengantisipasi bocornya busi. Selain dari itu, merendam komponen busi dengan cairan bensin juga menjadikan komponen tersebut cepat aus serta kotor.

Ketiga, apabila sudah bersih, jangan lupa guna memastikan busi telah benar-benar kering sebelum di pasangkan kembali pada tempatnya.

Kegiatan Membersihkan busi tersebut apabila menggunakan busi standar, yang mempunyai harga belasan ribu. Apabila memakai busi platinum ataupun iridium tidak perlu dibersihkan. Apabila sudah rusak mutlak harus langsung diganti.

Langkah Membersihkan Busi | Rudiyanto | 4.5