Langkah Mudah Menjaga Aki Kendaraan Supaya Berumur Panjang

Monday, July 17th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Langkah Mudah Menjaga Aki Kendaraan Supaya Berumur Panjang – Accu atau aki adalah bagian yang sangat penting di sebuah kendaraan. Yang mempunyai tugas mengalirkan arus listrik yang sangat diperlukan untuk pengoperasian sistem sehingga kinerja dari piranti mobil ataupun sepeda motor bisa lebih maksimal.

Langkah Mudah Menjaga Aki Kendaraan Supaya Berumur Panjang

Langkah Mudah Menjaga Aki Kendaraan Supaya Berumur Panjang (Sumber Gambar : flickr)

Aki terdiri atas dua jenis, yaitu aki konvensional atau sering disebut aki basah serta maintenance free atau sering disebut aki kering. Pada aki kering tidak diperlukan perawatan secara khusus.

Akan tetapi, untuk aki basah terdapat beberapa hal yang cukup penting yang harus diperhatikan agar aki dari kendaraan bisa bekerja dengan maksimal dan mempunyai usia yang lebih panjang.

Pada perawatan aki basah atau aki konvensional supaya selalu tetap bagus yang pertama adalah jangan terlambat saat menambah air. Pemilik dari kendaraan tidak boleh malas untuk selalu memeriksa kondisi dari air aki basah. Sebab aki basah sangatlah cepat memerlukan air, sehingga jika air akinya berkurang tentu kemungkinan besar bisa memperpendek umur aki itu sendiri.

Pada Aki konvensional atau aki basah cenderung lebih tinggi penguapannya, sebab itu perlu penambahan air yang berkala atau rutin, tetapi masalahnya itu paling lama dikontrol, Kita cenderung malas mengontrol aki.

Pada aki basah ada level air yaitu up dan juga low level. Jika air aki tampak pada low level maka bagusnya air harus segera ditambah. Ditambahkannya pun dengan memakai air aki.

Hal tersebut agar selalu terjaga kondisi dari aki itu sendiri. Selain itu, pada aki basah pun haruslah diperiksa terminal baterainya. Ketika terminal pada kondisi yang kotor, arus listrik tak dapat mengalir dengan sempurna sehingga bisa mengakibatkan aliran listrik menjadi kurang. Selain dari itu dapat menyebabkan kerusakan terminal aki.

Kebersihan pada terminal aki haruslah dijaga, pul pada aki biasanya kotor dikarena malas, Jika terdapat korosi, tentunya akan menghambat proses dari pengisian. Terkadang saat hendak start pun menjadi susah.

Langkah Mudah Menjaga Aki Kendaraan Supaya Berumur Panjang | Rudiyanto | 4.5