Langkah Pemeriksaan Mengatasi Lampu Utama Motor Redup

Saturday, June 10th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Langkah Pemeriksaan Mengatasi Lampu Utama Motor Redup – Mengapa lampu utama dari sepeda motor redup?. Nyala dari lampu utama yang redup mengindikasikan terdapat gangguan pada sistem kelistrikan sepeda motor, di sejumlah komponen yang bisa mempengaruhi sistem kelistrikan di sebuah sepeda motor ialah stator comp atau spull, Rectifier Regulator atau kiprok , wire harness atau kabel body serta baterai alias accu.

Langkah Pemeriksaan Mengatasi Lampu Utama Motor Redup

Langkah Pemeriksaan Mengatasi Lampu Utama Motor Redup

Langkah Pemeriksaan Mengatasi Lampu Utama Motor Redup (Sumber Gambar : pixabay)

Hal diatas juga bisa menyebabkan lampu baru putus. Maka dari itu, guna mengantisipasi atau mengatasinya lakukanlah sejumlah langkah pemeriksaan pada komponen-komponen tersebut guna memastikan kondisi apakah bekerja baik ataukah tidak. Berikut di bawah ini adalah langkah pemeriksaan mengatasi lampu utama sepeda motor yang redup:

Periksalah Stator comp/spull dengan cara mengukur nilai dari tahanan dengan memakai Avometer. Apabila hasil pengukuran dari kabel berwarna kuning dan hijau (0,02 ohm -0,05 ohm) serta pengukuran di kabel berwarna putih dengan hijau (0,02 ohm – 0,05 ohm) maka dapat dipastikan kondisi dari stator comp atau spull masih bekerja dengan baik. Apabila hasil dari pengukuran tersebut nilai dari tahanannya di luar range tersebut artinya spull bermasalah.

Pemeriksaan pada Rectifier Regulator atau kiprok dengan mengukur nilai dari tegangan yang ada pada kiprok pada kondisi sepeda motor menyala . Jika diperoleh hasil tegangan diantara 12 volt sampai 14 volt dapat dipastikan kondisi dari kiprok normal. Dan bila nilai tegangannya di bawah 12 volt maka dapat di pastikan kiprok bermasalah.

Pemeriksaan Kabel body pada terjadinya korsleting, yang bisa berdampak pada kabel-kabel yang bisa jadi melepuh.

Pemeriksaan baterai terpasang baik atau tidak di sepeda motor. Karena bila tidak terpasang dengan baik maka tegangan yang bersumber dari kiprok akan naik turun dengan signifikan sehingga bisa mempengaruhi usia lampu depan.

Langkah Pemeriksaan Mengatasi Lampu Utama Motor Redup | Rudiyanto | 4.5