Langkah Singkat Memeriksa Plat Kopling Mobil

Friday, June 30th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Langkah Singkat Memeriksa Plat Kopling Mobil – Menjalani tradisi mudik dan juga arus balik dengan menempuh perjalanan yang sangat jauh tentunya akan mempengaruhi sejumlah penggunaan komponen kendaraan. Tidak terkecuali plat kopling pada mobil dengan transmisi manual.

Langkah Singkat Memeriksa Plat Kopling Mobil

Langkah Singkat Memeriksa Plat Kopling Mobil (Sumber Gambar : pixabay)

Kopling mempunyai peran yang sangat penting, yaitu sebagai penerus tenaga mesin pada transmisi serta memutarkan roda sehingga kendaraan bisa bergerak. Apabila komponen tersebut rusak, mobil Anda tentu tidak bisa bergerak alias mogok.

Ada beberapa gejala yang dapat menjadi penanda atau indikasi bahwa plat kopling mobil mengalami masalah atau kerusakan ataupun aus sehingga pemilik mobil wajib mengganti komponen tersebut. Salah satunya adalah mesin mobil menjadi kurang tenaga atau terasa berat. Cara untuk mendeteksinya bisa dibilang mudah.

Cukup dengan melepas kopling, mobil tidak mau jalan. Ciri-ciri pertamanya tercium bau hangus seperti ada benda yang terbakar.

Selain dari itu, plat kopling yang sudah menipis juga dapat dirasakan saat settingan kopling menjadi lebih tinggi dan putaran mesin pun menjadi tinggi tapi kurang bertenaga. Dengan mencermati hal tersebut, pengemudi harus segera membawa mobil ke bengkel terdekat guna mengantisipasi bahaya fatal yang bakal terjadi.

Plat kopling menipis dapat disebabkan oleh beberapa hal. Yaitu cara dari menginjak pedal kopling yang tidak tepat. Yang paling biasa dilakukan adalah pengemudi menginjak handle atau pedal kopling setengah dan menggantung saat melaju di jalanan yang macet atau tanjakan.

Langkah Singkat Memeriksa Plat Kopling Mobil | Rudiyanto | 4.5