Level Terburuk Kerusakan AC

Thursday, November 24th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Level Terburuk Kerusakan AC – Banyak pemilik kendaraan menganggap sepele soal kerusakan pada beberapa komponen AC. Semisal, kompresor yang sudah mulai menimbulkan bunyi yang berisik saat dijalankan, gejala tidak dingin, ataupun muncul desis suara halus di balik dasbor kabin. Teliti serta periksalah seluruh bagian sebelum masalah yang lebih besar terjadi.

Mengenal Level Terburuk Kerusakan AC

Level Terburuk Kerusakan AC

Level Terburuk Kerusakan AC (Sumber Gambar : hella)

Mengenali tanda atau gejala komponen AC yang rusak parah dapat dilakukan dengan meneliti beberapa hal. Lebih utama adanya suara kasar ketika AC dinyalakan, ataupun ketika kompresor beroperasi. Berikut dibawah ini beberapa hal yang harus diperiksa ketika menemukan tanda atau bunyi kasar di kompresor AC mobil:

Periksa tekanan pada freon, semestinya tidak sampai kurang dari 2 kilogram. Ketika tekanan freon lemah, artinya terdapat kebocoran ataupun kerusakan pada kompresor serta bagian-bagiannya.

Periksa kevakuman kompresor. Komponen kompresor ini semestinya mampu memberikan tekanan supaya sirkulasi dari freon berjalan dengan lancar. Ketika kevakuman dirasa melemah, tandanya kerusakan kompresor yang cukup lebih parah sedang mengintai.

Periksa bearing atau laher magnetic clutch yang terletak pada kompresor. Hal ini yang akan cukup berbahaya. Apabila komponen tersebut macet, didiamkan, akan muncul panas lalu terbakar. Satu set komponen tersebut dibandrol dengan kisaran harga 800 ribu sampai 1,2 juta.

Ada cukup banyak kasus magnetic clutch yang terbakar karena macet, terbakar serta mengeluarkan asap yang akan masuk pada kabin. Sebaiknya bearing aus pada komponen tersebut segera diganti supaya tidak macet.

Apabila sudah terbakar, dikhawatirkan akan mesin mati secara mendadak dan ikut membakar sabuk yang terhubung pada mesin.

Level Terburuk Kerusakan AC | Rudiyanto | 4.5