Management Filter Kabin AC Mobil

Thursday, September 8th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Management Filter Kabin AC Mobil – Filter kabin mempunyai fungsi yang sama dengan saringan udara yang ada pada mesin yang mana berfungsi menyaring udara yang akan masuk pada mesin sehingga supply udara pada dalam mesin jadi lebih bersih. Begitupun juga dengan dengan Filter ac atau filter kabin AC mobil berfungsi menyaring udara hembusan AC mobil serta membuat udara yang dihirup pada kabin mobil jadi lebih bersih dan tentunya meringankan beban sistem pernapasan pengendara ataupun penumpang yang berada di kabin mobil. Material yang difilter oleh filter kabin tersebut merupakan polusi udara yang berasal dari dalam atau luar kabin mobil.

Management Filter Kabin AC Mobil

Management Filter Kabin AC Mobil

Management Filter Kabin AC Mobil

Sumber pencemar udara pada kabin berasal dari bakteri, asap maupun jamur. Sedangkan sumber pencemar atau polusi udara dari luar kabin berasal dari asap sisa pembuangan knalpot mobil atau kendaraan lain, partikel-partikel yang berasal dari jalanan serta kontaminator lain yang disebabkan ketika si pengendara membuka kaca ataupun membuka pintu.

Saringan kabin mobil memiliki 2 tahap saringan, Lapisan pertama adalah serabut kain filter yang berguna untuk menghambat serta menangkal debu atau kotoran dari luar. Sedangkan lapisan kedua adalah carbon active yang berguna untuk menangkal bau tak sedap atau bau anyir pada kabin mobil. Tetapi, tidak semua saringan atau filter kabin dilengkapi lapisan carbon active. Carbon active banyak dipergunakan untuk menghilangkan bakteri serta tentunya sangat berguna bagi menghilangkan bau tidak sedap dalam kabin mobil.

Apabila hembusan udara pada AC mobil tercium bau tak sedap, dapat dipastikan filter atau saringan kabin sudah kotor. Meskipun saringan atau filter kabin dapat dibersihkan, sebaiknya saringan atau filter kabin hanya dipergunakan sekali pakai saja. Jika sudah kotor maka lebih baik diganti dengan yang baru. Ini berguna untuk menjaga kesegaran udara AC mobil pada kabin.

Untuk masa pergantiannya, Saringan atau Filter Kabin ac mobil sebaiknya diganti tiap 10.000 km atau kisaran 6 bulan, namun semua itu tergantung pada kondisi lingkungan kendaraan tersebut.

Demikianlah tulisan tentang Management Filter Kabin AC Mobil yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat serta menjadi pengetahuan tambahan bagi para pembaca sekalian.

Management Filter Kabin AC Mobil | Rudiyanto | 4.5