Masalah Utama Kopling Mobil

Friday, August 12th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Masalah Utama Kopling Mobil – Kopling yang ada pada kendaraan, khususnya mobil, berfungsi sebagai penghubungan putaran atau rotasi mesin menuju transmisi. Selain fungsi itu, sparepart ini juga berfungsi mengurangi putaran mesin, pada saat akan mengoper gigi transmisi, supaya dapat masuk dengan lembut.

Tidak cuma pada mobil manual, koplingpun terdapat pada kendaraan bertransmisi otomatis. Meskipun terdapat perbedaan, yang satu dirancang serta diatur otomatis, sementara pada kopling manual diaktifkan dan dinonaktifkan oleh pengendara melalui tuas khusus.

Masalah Utama Kopling Mobil

Masalah Utama Kopling Mobil (Sumber Gambar : Brake-station)

3 Masalah Utama Kopling Mobil

Utamanya pada transmisi manual, kopling sering mengalami masalah, yang mengakibatkan berkendra jadi kurang nyaman. Berikut ini adalah 3 masalah utama kopling mobil yang sering terjadi, yang dapat menjadi indikasi pada pengemudi, supaya segera melakukan tindakan perbaikan.

Slip Kopling
Keadaan ini terjadi disebabkan terdapat keausan di permukaan pelat kopling. Selain dari itu dapat juga karena terkena pelumas ataupun minyak, dan berakibat koefisien gesekan plat menurun. Keadaan ini dapat mengakibatkan kopling kurang sempurna saat memindahkan tenaga dari mesin. Apabila hal ini terjadi akan mengakibatkan mobil tidak dapat melaju cepat dan bahan bakar akan boros.

Getaran atau Gesekan kasar
Masalah Ini terjadi pada saat bagian kopling tidak terhubung dengan halus, dan mobil akan bergetar. Penyebabnya bisa pada plat kopling, matahari atau roda besar atau flywheel yang tak rata.

Bunyi Pada Saat gigi transmisi dipindahkan
Apabila mendengar bunyi seperti ini, biasanya masalah terjadi di plat kopling yang aus, atau plat yang tidak kembali secara sempurna, pada saat tuas ditekan, Gigi perseneling akan sulit dipindahkan, meskipun dapat dipindahkan maka akan terdengar suara kasar.

Apabila merasakan atau menemukan indikasi seperti diatas, ada baiknya secepatnya periksa kendaraan, dan ganti onderdilnya apabila diperlukan.

Demikian artikel tentang Masalah Utama Kopling Mobil yang dapat kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Masalah Utama Kopling Mobil | Rudiyanto | 4.5