Melewati Polisi Tidur Yang Benar Dan Aman

Friday, September 30th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Melewati Polisi Tidur Yang Benar Dan Aman – Melewati polisi tidur harus dengan cara yang benar supaya bagian bawah kendaraan tak mengalami kerusakan. Yang tidak kalah penting, perhatikan hal-hal berikut Ini supaya bisa melewati polisi tidur dengan aman.

Melewati Polisi Tidur Yang Benar Dan Aman

Melewati Polisi Tidur Yang Benar Dan Aman (Sumber Gambar : Tribun)

Kurangi laju kendaraan beberapa meter sebelum sampai pada polisi tidur, tidak disarankan melakukan pengereman secara mendadak ketika telah mencapai polisi tidur dikarenakan cukup rawa mengalami slip ataupun justru pengereman tak maksimal sehingga kendaraan terpaksa melewati polisi tidur secara kasar.

Cara melewati polisi tidur yang benar dan aman perlu mendasar pada standar keselamatan berkendara, dan harus dilalui dengan kecepatan yang rendah serta halus. Hal tersebut memang sama dengan tujuan dipakainya polisi tidur yakni sebagai pembatas kecepatan.

Perhatikan juga jarak aman ground clearance pada mobil Anda. Apabila mobil yang dikemudikan adalah MPV ataupun SUV akan relatif lebih aman dikarenakan jarak terendah bodi cukup tinggi. Berbeda apabila mobil Anda merupakan mobil sedan ataupun mobil sports dengan bodi yang relatif rendah.

Perlu diingat pula bahwa, meskipun titik terendah kendaraan Anda dapat dibilang aman, akan tetapi terkadang dikarenakan pengaruh suspensi yang meredam guncangan, bisa membuat bodi turun pada saat melintas diatas polisi tidur. Efeknya, bagian bawah bodi dapat terbentur.

Langkah selanjutnya, melintas secara diagonal. Hal tersebut berguna untuk mengurangi guncangan serta membantu mobil dengan ground clereance yang rendah.

Akibat apabila melewati polisi tidur dengan kasar dapat merusak bagian bawah mobil. Semisal under body di bagian tengah serta knalpot jadi penyok.

Berikutnya, perlebar atau jaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan, hal tersebut memungkinkan apabila Anda perlu mengerem secara habis tanpa beresiko tertabrak dari belakang.

Melewati Polisi Tidur Yang Benar Dan Aman | Rudiyanto | 4.5