Memahami Perbedaan Air Aki Kemasan Berwarna Merah Dan Biru

Wednesday, July 19th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Memahami Perbedaan Air Aki Kemasan Berwarna Merah Dan Biru – Aki basah merupakan salah satu dari beragam jenis aki yang sudah dijual di pasaran. Dibanding dengan aki tipe kering atau MF, salah satu ciri utama dari aki tipe basah adalah air yang terdapat didalamnya akan menyusut secara perlahan-lahan. Supaya aki tipe basah ini terjaga dengan baik, makanya air tersebut volume atau kuantitasnya harus tetap terjaga.

Memahami Perbedaan Air Aki Kemasan Berwarna Merah Dan Biru

Memahami Perbedaan Air Aki Kemasan Berwarna Merah Dan Biru (Sumber Gambar : blogspot)

Pada saat air aki sudah berada di bawah ambang batas yang normal, sebaiknya pemilik kendaraan segera menambahkan air aki. Air aki untuk isi ulang tersebut bisa dengan mudah diperoleh pada bengkel ataupun toko otomotif biasa. Dalam masalah ini, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jenis dari air aki.

Ketika kita datang ke toko otomotif, maka biasanya kita akan ditawari dua cairan khusus untuk aki. Yang Pertama, cairan berbungkus nuansa merah. Yang Kedua, cairan berbungkus corak biru. Perbedaan tersebut bukannya tanpa sebab. Cairan tersebut dipilah dikarenakan memang peruntukannya yang berbeda, meskipun sama-sama cairan untuk aki.

Yang berbotol biru itu diperuntukkan menambah cairan aki yang telah sedikit, tetapi untuk aki yang baru, memakai cairan yang berbotol merah.

Perbedaan kedua jenis cairan tersebut adalah pada zat yang terkandung di setiap botolnya. Pada cairan dengan kemasan merah atau sering disebut aki atau accu zuur, mengandung asam sulfat (H2S04) dan mengandung elektrolit, yakni zat yang bisa menyimpan dan juga menghantarkan listrik.

Dibandingkan air pada kemasan biru, cairan merah ini cukup berbahaya dikarenakan jika terkena kulit bisa menyebabkan gatal-gatal.

Sementara itu, air dalam kemasan biru digunakan sebagai penambah volume. Berbeda dengan air berkemasan merah, air tersebut pada dasarnya merupakan air yang telah mengalami demineralisasi sehingga tak mengandung unsur logam sama sekali. Air dari jenis ini tidak menambah berat jenis zat H2SO4 yang masih tersisa.

Memahami Perbedaan Air Aki Kemasan Berwarna Merah Dan Biru | Rudiyanto | 4.5