Membedakan Busi Asli Dan Busi Palsu

Friday, November 11th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Membedakan Busi Asli Dan Busi Palsu – Busi merupakan salah satu komponen sangat penting untuk mesin sepeda motor. Sayangnya, pada saat ini cukup ada banyak peredaran busi palsu dan bahkan ditawarkan kepada toko-toko spare part, konsumen tentu dituntut untuk lebih teliti supaya tidak dirugikan.

Cara Membedakan Busi Asli Dan Busi Palsu

Membedakan Busi Asli Dan Busi Palsu

Membedakan Busi Asli Dan Busi Palsu (Sumber Gambar : kompas)

Lantas bagaimanakah cara membedakan antara busi asli dengan yang palsu?. Untuk produk busi dari NGK ada perbedaan secara kualitasnya.

Busi NGK dibekali dengan komponen yang bernama sheet packing serta wire packing di bagian atas serta bawah di bagian dalam. Busi yang palsu yang tidak dilengkapi kedua komponen tersebut menjadikan kepala busi serta bagiannya cenderung akan mudah goyang.

Kedua packing ini mempunyai dua fungsi yang berfungsi untuk menjaga kualitas dari busi. Yang pertama adalah untuk menahan getaran dan fungsi yang kedua adalah untuk anti kebocoran.

Dengan kasat mata memanglah tidak dapat dilihat jika sekilas. Tetapi umumnya sesudah dipakai beberapa jam, kemudian dilepaskan dan di putar bagian kepalanya maka akan ikut berputar. Jika pernah mendapat masalah seperti ini, itu merupakan produk busi NGK yang sudah dipalsukan.

Kedua packing ini menahan getaran pada motor dan susunan material tak berubah serta terhindar dari kebocoran cairan. Jika bocor itu adalah busi palsu dan jika tidak ada Anda bisa menilainya sendiri.

Teliti sebelum membeli dan tanyakan pula tentang garansi bisa Anda akan membeli busi. Bila perlu minta jaminan bahwasanya Busi yang mereka jual merupakan busi asli.

Membedakan Busi Asli Dan Busi Palsu | Rudiyanto | 4.5