Membedakan Oli Palsu

Saturday, August 6th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Membedakan Oli Palsu – Oli merupakan bagian yang sangat penting pada kendaraan. Fungsi utama oli adalah untuk mencegah keausan yang diakibatkan oleh gesekan yang terjadi antara komponen mesin. Lalu apa yang terjadi bila oli yang terdapat pada kendaraan ternyata oli yang palsu? Tentunya hal ini akan mengakibatkan sistem pelumasan tidak bekerja secara optimal sehingga mengakibatkan keausan pada komponen mesin kendaraan. Pada kenyataanya, saat ini telah banyak beredar oli palsu, bahkan setiap merk sudah dipalsukan.

Membedakan Oli Palsu

Membedakan Oli Palsu (Sumber Gambar : Bestproduct)

Membedakan Oli Palsu

Berkembangnya oli palsu yang ada dipasaran memang sangat meresahkan, dikarenakan akibat yang dihasilkan dari oli palsu ini dapat merusak semua komponen mesin. karena itu, Anda harus sangat teliti pada saat membeli oli. Supaya terjamin kualitas dan keasliannya sebaiknya Anda membeli oli mesin di bengkel resmi. Untuk menghindari pembelian oli palsu tersebut sebenarnya ada beberapa tips cara membedakan antara oli asli dan oli palsu, yaitu dengan cara ;

Perhatikan dengan teliti kemasan botol oli yang akan dibeli. Kemasan botol oli ini cukup mudah dipalsukan karena botol asli masih bisa digunakan dan di isi oleh oli palsu, sedangkan untuk tutupnya dapat beli sendiri. Oleh karena itu, pembeli harus benar-benar teliti dan cermat, perhatiakan tutup botol oli tersebut apakah disegel atau tidak.

Selain itu pada saat oli dituangkan, perhatikanlah warna dari oli tersebut, apabila warnanya berbeda dengan oli lainya maka dapat dipastikan oli tersebut palsu.

Demikianlah artikel tentang tips membedakan oli palsu. Oleh karena itu, berhati-hatilah pada saat membeli oli mesin untuk kendaraan Anda, karena pada saat ini sudah sangat banyak beredar oli palsu dipasaran.

Membedakan Oli Palsu | Rudiyanto | 4.5